tahap awal streetart

Umumnya sketching dilakukan di atas kertas.

XY Kids - - HALAMAN DEPAN -

K alau kamu sudah hobi corat-coret di atas kertas, bisa dibilang kamu sudah mulai belajar sketching, kids! Soalnya, sketching adalah tahap awal sebelum kita membuat karya lebih besar, seperti street art. ● Alvien FOTO: CONCEPTART, ALVIEN

SKETCHING ITU …

Bisa dibilang ini merupakan teknik awal dari semua street art. Soalnya, sebelum seniman bikin karya besar di tembok, biasanya mereka akan bikin sketsa awal di kertas.

“Sketching itu gambar cepat, gambar awal, atau gambar kasar. Jadi sebelum mulai gambar bagus, kita mulai dari tahap bikin sketsa ( sketching). Setelah itu, baru kita drawing ulang, gambar yang lebih teratur, dengan patokan sketsa kita,” ucap Motulz salah satu Sketcher Treveller.

KARYA SKETCHING DIBUAT DI …

Karena dianggap sebagai tahap awal dalam membuat karya seni, umumnya sketching dilakukan di atas kertas.

“Sketching itu sketa awal yang dibuat di kertas. Bisa berupa tulisan atau gambar. Setelah ada sketsa awal, baru dibesarkan di tembok atau media lainnya. Bisa dibilang sketching konsep awal dari graffiti, mural, dan 3D art,” ujar Kak Ade Darmawan, Direktur Ruangrupa.

PERALATANNYA

1. Kertas 2. Pensil 3. Pulpen 4. Spidol

CARA BIKIN

Sebenarnya ada 2 cara untuk sketching, bisa menggunakan objek dan tanpa objek, atau sesuai dengan imajinasi kita. “Pertama kali mengamati objek yang mau digambar, pilih angle yang enak dilihat untuk digambar. Lalu bikin titik-titik sebagai kerangka menggambar. Setelah itu, mulai gambar objeknya, deh. Kalau sudah selesai, bebas mau diwarnai atau enggak,” ungkap Motulz.

TIPS

Hal paling gampang untuk membuat sketsa adalah mencontoh. Misalnya mencontoh karakter komik. “Caranya, bisa dengan melihat objeknya langsung, lalu kita gambar. Atau kalau belum bisa, kita mulai dengan menjiplak gambar. Tempel saja kertas di gambar yang mau kita buat. Lalu ikuti garisnya,” ucap Kak Ade.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.