CARA ATASI GANGGUAN SEMBELIT

Hidup Sehat - - DAFTAR ISI -

Hampir

semua orang dewasa pernah merasakan sembelit, yaitu suatu kondisi dimana penderita sulit buang air besar. Tentu orang yang menderita sembelit, akan merasa tersiksa, karena sembelit ini bisa mengakibatkan efek samping berupa gangguan fungsi tubuh dan gangguan psikologis.

Dalam dunia medis, sembelit diistilahkan dengan Constipation, yang ditandai dengan kesulitan buang air besar dan berlangsung lebih kurang selama 3 bulan. Sembelit biasanya disebabkan oleh gangguan fungsi usus yang bersifat fungsional, dan bukan bersifat anatomi atau struktural.

Sembelit secara umum disebabkan oleh asupan air yang tidak memadai, kandungan makanan yang kurang serat, perubahan pola makan, kurang berolahraga, stres, ambeien atau wasir, serta efek samping dari obat. Misalnya laksatif, hypothyroidism, bahkan kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson atau multiple sclerosis, obat antasid yang mengandung kalsium atau aluminium, Obat-obatan (terutama obat nyeri yang kuat, seperti narkotika, antidepresan, atau pil zat besi), depresi, irritable bowel syndrome, kehamilan dan kanker usus besar.

GEJALA UTAMA SEMBELIT

Mencermati kemungkinan penyebab sembelit yang begitu banyak, sebaiknya, masyarakat perlu mengerti tentang gangguan ini. Khususnya yang berhubungan

dengan gejala utama, beserta gejala ringan hingga kondisi emergensi. Sehingga perlu dilakukan tindakan emergensi. Buang air besar yang jarang atau kesulitan buang air besar dapat berlangsung lebih dari 2 minggu, terasa gerakan usus yang mengalami penurunan, adanya pembengkakan perut yang disertai sakit perut, nyeri, bahkan diakhiri muntah.

Selain gejala di atas, perlu dilakukan diagnosa, bila kondisi semakin parah, memerlukan pertolongan dokter. Biasanya dokter dalam melakukan diagnosa, akan melakukan pengujian sampel darah, khususnya yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon, juga akan dilanjutkan dengan tes barium untuk mencari faktor pencetus obstruksi usus besar, serta kolonoskopi untuk memastikan obstruksi usus besar. Jika telah menemukan penyebabnya, selanjutnya dokter akan memberikan beberapa obat yang sesuai indikasi medis, misalnya obat laxative, atau sesuai penyebab munculnya sembelit tersebut.

Demikian pula, akan menjadi peringatan penting, bahkan menjadi hal yang emergensi untuk segera mengkonsultasikan ke dokter, bila sembelit disertai gejala seperti darah dalam tinja, atau terjadi penurunan berat badan yang drastis, juga disertai rasa nyeri pada saat buang air besar, dan kondisi ini telah berlangsung lebih 2 minggu.

PENCEGAHAN SEMBELIT

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, faktor terpenting dan terbaik adalah bagaimana mencegah munculnya sembelit ini. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk pencegahan antara lain:

Menurut konferensi ahli makanann

(American Society for Nutrition) tahun 2010, menjelaskan bahwa sebagian besar penyebab sembelit adalah faktor makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat.

Struktur Pencernaan Manusia

Proses Pencernaan Makanan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.