Mitos atau Fakta! Bawang Putih Pencegah Kanker? Bawang Putih Jadi Obat Tradisional Murah Nan Berkhasiat

Bawang Putih Jadi Obat Tradisional Murah nan Berkhasiat

Hidup Sehat - - DAFTAR ISI -

Selain

serangan jantung, kanker juga menjadi penyakit yang paling ditakuti karena dianggap sebagai salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Kanker menyerang hampir setiap bagian organ tubuh dan dapat berakhir pada kematian jika tidak diobati. Meski begitu, bukan berarti kanker tidak bisa dihindari, pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olah raga, menjadi cara mudah untuk menjaga dan mencegah tubuh dari serangan kanker.

Pernah mendengar mitos bawang putih bisa obati kanker? Mitos ini sempat mencuat dan tidak sedikit yang percaya bumbu dapur tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker.

Bawang putih sudah terkenal ampuh menyembuhkan berbagai penyakit sejak dari zaman nenek moyang. Bahkan hingga saat ini berbagai studi juga berhasil membuktikan bahwa bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mencegah kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, kanker kulit dan kanker paru-paru.

Bawang putih merupakan obat tradisional yang di dalamnya terkandung banyak zat gizi yang memiliki kemampuan khusus untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh manusia. Berikut ini daftar gizi pada bawang putih antara lain Energi, Serat, Gula, Lemak, Protein, Karbohidrat, Thiamin (Vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B2), Niacin (Vitamin B3), Vitamin A (Beta-karoten), Vitamin B5 (Asam pantotenat), Vitamin B6, Asam folat (Vitamin B9), Vitamin C, Kalsium, Zat besi, Fosfor, Selenium, Mangan, Seng, Sodium, Kalium, dan Magnesium.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

Bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Semua manfaat bawang putih bisa Anda rasakan jika rutin mengonsumsinya. Bawang putih dapat dikonsumsi mentah, atau jika Anda tidak suka bisa mengolahnya jadi ramuan obat atau bumbu masakan.

Meski berkhasiat, bukan berarti bawang putih boleh dikonsumsi sembarangan atau dalam jumlah yang banyak. Karena jika terlalu banyak bawang putih juga dapat menyebabkan risiko pendarahan karena kemampuan dalam mencegah pembekuan darah. Dosis yang disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah adalah 4-5 gram per hari (1-3 siung). (Kabari1001)

untuk SHARE Artikel atau Video ini klik www.HidupSehatMedia.com/86063

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.