Awas, Smartphone Jadi Sarang Kuman!

Hidup Sehat - - DAFTAR ISI -

Tahukah

Anda, telepon genggam atau smartphone yang selalu dibawa kemana pun pergi bisa mengancam nyawa Anda?

Kedengarannya sepele, namun perlu diketahui banyak penelitian menyebutkan bahwa smartphone jauh lebih banyak menyimpan kuman dan bakteri daripada di toilet. Bakteri yang ada pada perangkat komunikasi genggam itu bahkan mampu memicu penyakit. Pasalnya sangat sedikit dari kita membersihkan secara teratur, sehingga menjadi kesempatan untuk menanamkan semua jenis infeksi.

Penyebab hal ini adalah fakta bahwa bakteri akan lebih mudah berkembang biak di temperatur yang hangat. Smartphone memberikan ruang bagi bakteri untuk berkembang biak karena suhunya yang cenderung hangat. Lebih-lebih karena banyak bersentuhan dengan tubuh manusia, maka smartphone menjadi ‘tempat’ yang cocok bagi bakteri untuk berkembang hingga 18 kali lebih banyak daripada kenop pintu kamar mandi umum.

Karena begitu joroknya smartphone kita, para ahli mikrobiologis menemukan bahwa bakteri mematikan seperti Staphylococcus dan e.coli bisa hidup subur di smartphone. Penyebarannya pun seringkali tak terduga, misalnya melalui sentuhan orang lain, secara sadar maupun tidak. Dari uang koin, dari pegangan pintu dan benda-benda yang telah disentuh oleh ribuan orang. Bahkan, seringkali kita membawa smartphone ke kamar mandi bukan?

Lalu bagaimana cara agar smartphone kita tidak membawa terlalu banyak bakteri? Salah satunya adalah dengan tidak menentengnya di kamar mandi atau meletakkannya sembarang di tempat umum. Gunakan tisu anti bakteri setiap sebelum atau setelah menggunakannya. Satu lagi saran para ahli yang wajib dilakukan, yakni setiap hari Smartphone wajib dibersihkan (dilap) bagian sisi dan layar dengan menggunakan kain bersih dan cairan sanitizer. Jangan hanya dibersihkan dengan tisu yang dibasahi air, karena proses pembersihkan tidak akan bekerja secara maksimal. (Kabari1001)

untuk SHARE Artikel atau Video ini klik www.HidupSehatMedia.com/86065

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.