Menangis itu Sehat Lho!

Hidup Sehat - - DAFTAR ISI - foto:ist) (Kabari1001,

Kapan

terakhir Anda menangis? Pertanyaan ini mungkin bisa dijawab dalam hati saja. Karena bagi sebagian orang menangis bukanlah hal yang perlu diutarakan, bahkan menganggap air mata menurunkan wibawa seseorang.

Umumnya menangis muncul saat suasana hati sedang sedih, kehilangan, kecewa bahkan marah. Namun sebenarnya menangis juga dapat muncul karena bahagia.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya menangis itu menyehatkan?

Menangis terjadi karena respon fisik akibat emosi yang ditandai dengan keluarnya air mata. Keuntungan respon ini tidak hanya sebagai luapan emosi, tapi berguna juga untuk mengeluarkan benda asing di mata, seperti debu dan kotoran. Dan ternyata ada lagi manfaat lain yang mungkin tidak disadari banyak orang, yakni biasanya setelah menangis perasaan akan sedikit lega, pernapasan dan denyut jantung pun akan menurun. Ada pula studi menemukan bahwa air mata yang keluar karena luapan emosi mampu mengeluarkan hormon dan racun lainnya yang menumpuk akibat stres. Dalam studi tersebut disimpulkan, menangis dapat memproduksi endorfin dan kartisol, dimana keduanya merupakan penghilang rasa sakit serta hormon bahagia dalam tubuh manusia.

Menangis adalah hal yang normal, jadi tidak perlu gengsi atau malu. Menangis dapat membantu tubuh melepas energi negatif dan menjadi cara alami tubuh untuk mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti tertekan, stres, takut, sedih dan sakit.

Anda WAJIB tahu manfaat menangis untuk kesehatan tubuh:

01 PEREDAM STRES ALAMI

Saat tubuh mengalami stres, ada signal yang menyampaikan ke otak. Proses ini adalah normal bagi manusia. Inilah alasan kenapa menangis itu perlu. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan senyawa kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Dengan keluarnya air mata, secara otomatis energi negatif penyebab stres atau penat akan keluar dan membuat perasan lebih nyaman dan lega. Dan ternyata menahan air mata keluar, dapat berdampak pada kesehatan lainnya, seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

02 MEMPERBAIKI MOOD

Menangis membuat perasaan lebih lega, meski mungkin masalah yang dihadapi masih dihadapi. Tapi paling tidak, perasaan akan lebih ‘plong’ ketika meluapkan emosi dengan menangis. Ketika air mata keluar, tubuh memproduksi zat endorfin, zat bahagia yang berfungsi menstabilkan pikiran, mood dan keseimbangan emosi. Menangis memberi manfaat yang sangat baik untuk kondisi pikiran dan perasaan.

03 DETOKS ALAMI

Menangis bermanfaat untuk kesehatan mata. Salah satu yang menguntungkan adalah mengeluarkan racun atau zat yang tidak berguna, dengan kata lain air mata yang keluar bermanfaat mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita.

04 MENYEHATKAN MATA

Air mata berfungsi juga sebagai pelumas yang mampu melembapkan bola mata dan mencegah iritasi pada selaput mata. Bayangkan tanpa air mata, mata kita akan terasa kering, bahkan sulit untuk digerakkan ataupun melihat dengan jelas. Bola mata yang mengeluarkan pelumas (air mata) terus menerus dapat melindungi mata dari debu dan bakteri.

05 MEMBERSIHKAN RONGGA HIDUNG

Umumnya saat menangis hidung akan mengeluarkan cairan (lendir/ ingus). Ini adalah proses alami yang terjadi setiap orang menangis. Air mata mengalir melalui saluran air mata, melewati rongga hidung dan bersentuhan dengan membran mukosa (mukus) atau cairan lengket yang biasa terdapat pada hidung. Dan bila terdapat mukus yang menumpuk, air mata secara otomatis mendorongnya keluar hidung. Inilah alasan kenapa saat menangis hampir selalu dibarengi dengan keluarnya lendir (ingus) di hidung.

Sering menangis bukan berarti cengeng, jadi Anda tidak perlu lagi malu atau gengsi setelah tahu ternyata menangis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

untuk SHARE Artikel atau Video ini klik www.HidupSehatMedia.com/86262

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.