GANGGUAN PENCERNAAN DAN SEMBELIT

Hidup Sehat - - DAFTAR ISI - (Dr. Ikrar/ foto: dok.ist)

Yang Terhormat Dr. Ikrar,

Akhir-akhir ini, saya sering mengalami gangguan pencernaan, tepatnya saya mengalami sembelit. Saya biasanya baru bisa buang air besar atau tinja, setiap 3 hari sekali. Saya merasa sangat terganggu. Terkadang pusing, dan mood saya berubah-ubah. Bisa minta tolong dijelaskan apa faktor yang menyebabkan sembelit, serta bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih atas waktu dan jawaban dokter.

Salam Munawar di Makassar.

Jawaban:

Bapak Munawar yang baik, sungguh hal yang sangat tidak menyenangkan bila menderita sembelit seperti yang bapak alami. Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, faktor terpenting dan terbaik adalah bagaimana mencegah munculnya sembelit ini. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk pencegahan, berupa usahausaha berikut: Memperhatikan makanan dan diet yang seimbang, khususnya dengan mengonsumsi banyak serat. Dan sumber serat yang terbaik adalah buahbuahan, sayuran, kacang-kacangan, karena Serat dan air sangat membantu proses metabolisme zat makanan di

usus. Perlu diusahakan meminum 1 1/2 sampai 2 liter air dan cairan lainnya setiap hari. Gerakan tubuh dengan cara berolahraga secara teratur, sangat bagus dalam menjaga vitalitas dan mensupport metabolisme tubuh.

Sehingga dalam usaha pencegahan munculnya sembelit, faktor makanan dan kebiasaan hidup menjadi faktor dominan yang sangat penting. Baik untuk kepentingan pencegahan munculnya sembelit demikian pula dalam upaya pengobatannya.

Selanjutnya penyebab utama sembelit adalah faktor makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat. Dan ASfN merekomendasikan, secara sederhana untuk menjaga keseimbangan makanan atau diet, adalah dengan menjaga keseimbangan makanan berdasarkan kebutuhan tubuh. Secara biologis, tubuh kita membutuhkan faktor energi, protein, vitamin, air, serat. Sehingga jika ingin terhindar dari gejala sembelit, sebaiknya memperbanyak makanan yang baik dan alami, sehingga bisa berfungsi sebagai “pencahar” yang pada akhirnya akan membantu Anda buang air besar. Makanan tinggi serat, sangat membantu memindahkan limbah melalui tubuh. Sehingga tambahkan makanan dengan serat untuk makanan setiap harinya. Demikian pula, dianjurkan meminum 8 sampai 10 gelas cairan, khususnya air, setiap hari. Demikian pula sangat dianjurkan mengonsumsi beberapa sayuran yang tinggi serat seperti: asparagus, brokoli, jagung, labu, dan kentang, apalagi dibuat Salad yang ditambahkan selada, bayam, dan kubis juga akan sangat menolong. Semoga tips di atas dapat membantu mengatasi keluhan bapak Munawar. Salam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.