Top 10

Kabari - - DAFTAR ISI -

1.

Presiden Obama menyampaikan pidato perpisahan di Chicago. Presiden kulit hitam pertama di AS ini membuka pidatonya dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga AS, baik yang memilihnya maupun tidak. Ia menutup pidatonya dengan ucapan terima kasih kepada istri dan anakanaknya yakni Michelle, Malia dan Sasha juga kepada Wapres Joe Biden dan para staf. Lebih dari 20.000 orang diperkirakan hadir dalam acara yang berlangsung di McCormick Place, yang merupakan pusat konferensi yang terbesar di Amerika Utara dan merupakan lokasi pidato Obama ketika mengalahkan Mitt Romney dalam pemilu 2012 lalu. Tiket diberikan secara gratis, tetapi dijual secara online lebih dari $1.000 atau sekitar Rp 13 juta beberapa jam sebelum pidato.

4.

Debat pertama Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 sukses dilaksanakan Jumat (13/01) di Jakarta. Mengangkat sejumlah topik yakni sosial ekonomi, lingkungan dan transportasi serta pendidikan. Ada sejumlah pesan terselip dalam acara tersebut, mulai dari ajang pembuktian, kritik dan klarifikasi bagi para pasangan calon kepala daerah. Bagi pasangan calon nomor urut 1, Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni, debat perdana yang digelar KPU itu menjadi ajang pembuktian. Sebelumnya, banyak yang meragukan kemampuan calon Agus dalam berargumen. Terlebih, pada debat calon kepala daerah yang diadakan sejumlah media massa, dia tidak pernah hadir. Ajang ini juga menjadi tempat untuk klarifikasi kebijakankebijakan calon Petahana (Ahok-Djarot) salah satunya soal penggusuran. Sementara pasangan calon nomor 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno memanfaatkan Debat Cagub sebagai tempat untuk mengkritisi lawanlawannya. Anies mengkritik jawaban Sylvi soal Tim Pengawasan Orang Asing. Dia juga mengkritik Ahok yang tidak menepati janji politiknya dengan warga terkait penggusuran dan transportasi Jakarta.

5.

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) atas pernyataan Rizieq tentang lambang palu arit dalam uang kertas baru yang dikeluarkan Bank Indonesia. Rizieq dilaporkan atas tuduhan menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa ditengah panasnya isu SARA. Beberapa barang bukti diserahkan ke Polda Metro Jaya, di antaranya video ceramah yang diunggah akun FPI TV di Youtube dan screen shoot video. Sebelumnya Rizieq juga dilaporkan atas dugaan penistaan agama yang telah diunggah ke situs media sosial Youtube. Pada video tersebut, Rizieq tampak tengah berbicara di depan massa dan membahas mengenai ucapan selamat Natal. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, perkara dugaan penistaan agama dengan terlapor Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab masih tahap penyidikan oleh Polda Metro Jaya. Menurut Tito, penyelidikan kasus yang dilaporkan oleh Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia.

2.

Karena perbedaan keyakinan, puluhan warga Panjangan mendatangi kantor DPRD Bantul untuk menyampaikan keberatan mereka atas terpilihnya Camat Pajangan yang baru, Yulius Suharta. Senin (09/01), perwakilan warga bersama anggota DPRD Bantul dari Fraksi PKS, PPP, Golkar, PKB, PAN, dan Gerindra, mendatangi Bupati Suharsono. Dalam pertemuan itu, Yulius Suharta dianggap ‘tidak sesuai dengan psikologis masyarakat’. Sebagian warga Panjangan menginginkan agar Camat Panjangan yang baru digantikan. Bupati Bantul, Suharsono akan memutuskan nasib Camat Pajangan, Yulius Suharta setelah sejumlah warga kecamatan menolak dipimpin seorang non-muslim. Sementara sebelumnya Yulius telah resmi dilantik sebagai Camat sejak 6 Januari lalu. Dalam acara tersebut, tidak ada aksi penolakan dan protes warga. Meski demikian Yulius mengaku menghormati hak warga untuk menyampaikan pendapat tentang dirinya. Dia mengaku siap ditempatkan di mana saja dan berharap tidak ada pertentangan lagi.

3.

Kabar buruk kenaikan harga menyambut awal tahun 2017. Mulai 1 Januari 2017, pemerintah resmi mencabut subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA yaitu dari tarif semula sebesar Rp 605 per kWh menjadi Rp 791 per kWh. Ini merupakan kenaikan tahap pertama, selanjutnya kenaikan tahap kedua akan diberlakukan pada Maret 2017 mendatang. Tarif surat kendaraan pun naik 3x lipat. Kenaikan beragam mulai 200% hingga 300%. Mengutip Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB), yang naik antara lain, tarif pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK), tarif penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, surat izin serta STNK Lintas Batas Negara. Juga, tarif penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Tak hanya itu saja, awal tahun juga jadi derita para perokok di Tanah Air, pasalnya Pemerintah memberlakukan tarif cukai rokok baru mulai 1 Januari 2017, rata-rata naik 10,54% melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.010/2016 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 179/ PMK.011/3012 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

6.

Lebih dari 1000 anggota Front Pembela Islam (FPI) menggelar unjuk rasa di depan Mabes Polri, Jakarta, Senin (16/1), menuntut Mabes Polri mencopot Kapolda Jawa Barat dari jabatannya. Dalam orasinya, Pimpinan FPI menganggap Kapolda Jabar Irjen Anton Carliyan telah membiarkan bentrokan antara pihaknya dengan ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Kepada media, Kapolda Jabar Anto Charliyan mengakui dirinya adalah Pembina ormas GMBI dan beberapa ormas lainnya. Terkait tuntutan FPI yang meminta dirinya dicopot dari jabatan, Anton mengaku tidak memasalahkan. “Silakan, tidak jadi masalah. Saya ke sini bukan mencari jabatan, tapi saya ke sini untuk masyarakat Jawa Barat aman. Yang penting tindakan saya prosedural,” tegasnya. Sebelumnya massa FPI terlibat bentrok dengan ormas GMBI di Bogor pada Kamis (12/1). Bentrokan terjadi usai pemeriksaan pimpinan FPI Rizieq Shihab oleh Polda Jawa Barat karena dirinya dituduh melecehkan Pancasila. Aksi kekerasan berlanjut dengan perusakan dan pembakaran kantor GMBI di Bogor, Jawa Barat pada ke esokan harinya. Kepolisian Bogor sejauh ini telah menangkap sejumlah orang yang diduga melakukan perusakan dan pembakaran kantor ormas tersebut.

7.

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jabodetabek menggelar aksi demonstrasi Bela Rakyat 121, Kamis (12/1). Aksi ini digelar untuk memprotes beberapa kebijakan pemerintah. Salah satu protes yang disuarakan yakni pemberlakukan PP No 60/2016 tentang Jenis dan Tarif atau Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia terkait penerbitan dan pengesahan STNK dan BPKB. Tak hanya itu saja, para mahasiswa ini juga menolak kenaikan tarif dasar listrik dan mendesak pemberian kembali subsidi terhadap pengguna listrik golongan 900 VA. Para mahasiswa juga menuntut pemerintah mengembalikan mekanisme penetapan harga BBM ke pemerintah dan menjamin pemenuhan kebutuhan BBM bersubsidi di seluruh SPBU. Aksi serupa juga digelar di 19 titik di Indonesia.

8.

Indonesia patut berbangga dengan prestasi generasi muda yang pada awal tahun ini menorehkan tinta emas dengan menjadi jawara dalam debat Bahasa Inggris atau ‘World Scholars Cup’ (WSC) yang digelar di Universitas Yale, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung 12 siswa Indonesia berhasil membawa pulang 44 medali dalam berbagai ajang bergengsi tersebut. Mereka adalah Julius Owen Suherman, Alexandra Annika, Angelica Marta, Basilio Otto Suherman, Wirayuda Hendro Gunawan, Morgan Thomas Coomes, Bianca Evangelista Tjahjadi, Evan Haryowidyatna, Adler Edsel, Aurelia Vidyani Sidin, Yasa Danavira Tjoe, dan Kenny Kusnadi, siswa siswi berprestasi yang berhasil menunjukkan pada dunia kemampuan Bahasa Inggris siswa Indonesia patut diacungi jempol.

9.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan 45.591.762 lembar surat suara untuk pemilihan kepala daerah serentak di Provinsi DKI Jakarta, Aceh, Banten, Bangka Belitung, Gorontalo, Papua Barat, dan Sulawesi Barat tahun ini. Dari seluruh surat suara yang dicetak, di antaranya 22.918.568 lembar surat suara untuk pemilihan bupati-wakil bupati dan pemilihan wali kota- wakil wali kota serta 22.673.194 lembar surat suara untuk pemilihan gubernur-wakil gubernur. Pencetak surat suara untuk pemilihan kepala daerah dilakukan melalui mekanisme lelang, begitu juga dengan pabrik pengadaan segel dan hologram surat suara serta tinta sidik jarinya. Percetakan yang ditetapkan sebagai pencetak surat suara Pilkada 2017 tersebar di berbagai wilayah Indonesia

10.

Pemerintah menerbitkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 1 Tahun 2017 yang merupakan revisi dari PP No. 1 Tahun 2014. Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan PP baru tersebut tetap konsisten menjalankan Undang-Undang No.4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu bara (Minerba). Poin penting dalam PP ini adalah perubahan ketentuan tentang divestasi saham sampai dengan 51% secara bertahap. Jonan menegaskan dengan diterapkannya PP ini maka semua pemegang KK (Kontrak Karya) dan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus), wajib tunduk kepada UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba. “Tujuan PP ini diterbitkan untuk meningkatkan terciptanya penerimaan negara, terciptanya lapangan kerja yang lebih baik, mendukung mempertahankan pertumbuhan ekonomi di daerah yang ada pertambangannya, menjaga iklim investasi yang bagus,” kata Jonan. (Kabari1001)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.