Napak Tilas Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

Anda sedang berlibur di Yogyakarta? Beberapa tempat bersejarah berikut ini wajib Anda sambangi. Apa saja?

Kabari - - DAFTAR ISI -

KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di jantung provinsi ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Posisi Keraton pun tepat pada satu garis lurus antara Gunung Merapi dan Pantai Selatan Jawa. Istana ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sang raja dan Gubernur Provinsi DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X). Saat berkunjung ke Keraton, Anda akan didampingi oleh seorang abdi dalem yang bertugas sebagai pemandu wisata. Selain diperkenalkan kepada berbagai pusaka dan peninggalan Keraton, Anda juga dapat masuk ke area tempat tinggal keluarga kerajaan (Kedhaton). Sebelum masuk ke kompleks Kedhaton, Anda akan disambut oleh sepasang arca raksasa Dwarapala yang mengapit Gapura Donopratopo.

BALE RAOS

Wisata sejarah Anda di Yogyakarta belumlah lengkap tanpa sensasi kuliner di Bale Raos. Bersebelahan dengan Keraton, restoran bertajuk rumah Joglo ini menyuguhkan berbagai hidangan favorit Raja dan Ratu Keraton Jogjakarta. Lontong kikil, misalnya, merupakan makanan kesukaan istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas. Di tempat ini, Anda juga dapat mencicipi Beer Jawa, minuman non-alkoholik favorit mendiang Sri Sultan HB VIII (1880 – 1939).

Semua menu yang disajikan diolah sesuai dengan resep rahasia keluarga kerajaan yang diwariskan secara turun-temurun. Dengan kisaran harga yang terjangkau, Anda dapat bersantap ala Sultan Jogja di Bale Raos.

Kompleks kebun istana yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan HB I (1755 – 1792) ini mencerminkan sebuah pahat karya seni bangunan Jawa klasik dan sistem tata air yang mutakhir. Meskipun dimaksudkan sebagai tempat pertapaan dan peristirahatan Sultan HB beserta keluarganya, Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di bagian selatan kompleks Taman Sari, Anda dapat menyaksikan keindahan arsitektur Umbul Binangun, sebuah kolam pemandian yang diperuntukkan bagi Sultan, permaisuri, selir-selir, dan putri-putrinya. Anda juga dapat mengunjungi masjid bawah tanah yang bernama Sumur Gumuling, yang konon katanya juga merupakan tempat pertapaan sang raja.

Selain ideal untuk sesi pemotretan, Taman Sari juga kerap menjadi tempat syuting beberapa film dan video klip. Salah satunya syuting adegan film Hollywood berjudul Java Heat yang bertempat di lorong bawah air Taman Sari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.