KAMPANYE EAT THE RAINBOW

Kabari - - KESEHATAN - untuk SHARE Artikel ini klik www.Kabarinews.com/90625

Jansen Ongko sebagai Ahli Gizi mengampanyekan Eat the Rainbow atau Diet Pelangi. Eat the Rainbow adalah kampanye yang menyarankan untuk mengonsumsi beragam warna. “Semakin berwarna makanan yang ada dalam piring Anda, semakin lengkap pula kandungan gizi yang dapat diperoleh,” ucap Jansen Ongko MSc, RD, Konsultan Gizi

Buah dan sayur terbagi dalam lima kategori warna, yaitu merah, ungu/biru, orange/kuning, hijau, dan putih/ coklat. Setiap warna memiliki kandungan unik bernama phytochemical yang dapat melawan penyakit tertentu. Phytochemical ini memberi buah dan sayur warna dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Merah. Buah atau sayuran berwarna merah karena adanya kandungan likopen. Likopen merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Ungu/Biru. Pigmen tanaman berupa antosianin memberikan warna ungu/biru pada buah dan sayur. Antosianin juga merupakan antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung.

Orange/Kuning. Karotenoid memberikan warna cerah pada buah dan sayur. Karotenoid ini disebut juga dengan beta karoten yang banyak terkandung pada ubi jalar, labu, dan wortel. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang membantu menjaga kesehatan membran mukosa lambung dan kesehatan mata. Tipe karotenoid lain adalah lutein yang dapat mencegah katarak, penyakit mata yang berkaitan dengan degenerasi makula penyebab kebutaan.

Hijau. Sayuran hijau mengandung berbagai phytochemical termasuk karotenoid, indoles, dan saponin, yang juga memiliki sifat anti-kanker. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli juga merupakan sumber folat yang sangat baik.

Putih/Coklat. Buah dan sayur berwarna putih mengandung berbagai phytochemical seperti allicin (ditemukan pada bawang putih) yang diketahui sebagai antivirus dan antibakteri. Beberapa kelompok buah dan sayur yang termasuk kategori ini antara lain pisang dan kentang yang juga merupakan sumber potassium yang baik. (Kabari1009)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.