Sineas Keturunan Indonesia Bawa Pulang Piala Oscar 2017

Bangga. Ini kata yang tepat untuk menggambarkan pencapaian yang diraih Joanna Natasegara. Wanita berdarah Sunda ini berhasil meraih Piala Oscar melalui film dokumenter, The White Helmets.

Kabari - - DAFTAR ISI -

Di ajang Academy Awards 2017, film The White Helmets berhasil membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Dokumenter Pendek Terbaik. Dua Piala Oscar yang diberikan masing-masing diterima oleh produser Joanna Natasegara dan sutradara Orlando Von Einsiedel. Dalam pidatonya saat menerima Piala Oscar, wanita kelahiran Manchester ini tak kuasa menahan tangis sambil mengucap terima kasih kepada segenap pihak yang berjasa dalam proses pembuatan film tersebut, terutama The White Helmets yang menjadi subjek dokumenter. Baginya, momen tersebut merupakan sebuah kebahagian yang bercampur kesedihan lantaran sang sinematografer Khaled Khatib tidak diizinkan masuk ke Amerika Serikat dikarenakan oleh kebijakan imigrasi baru Presiden Trump.

Untuk diketahui, Joanna merupakan sineas keturunan Indonesia asal Inggris. Dengan kemenangannya di ajang Academy Awards tahun ini, ia mencetak sejarah sebagai sineas keturunan Indonesia

pertama yang berhasil meraih penghargaan Piala Oscar. Saat ditemui di sela-sela resepsi Piala Oscar, mantan mahasiswi Cardiff University ini mengungkapkan bahwa ayahnya berasal dari Tanah Pasundan. Meski demikian, ia mengaku tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, terkecuali mengucap apa kabar.

Nominasi Piala Oscar bukanlah sesuatu yang baru bagi Joanna. Dua tahun lalu, film dokumenter karyanya yang berjudul Virunga juga masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori Dokumenter Fitur Terbaik. Dalam projek tersebut, ia menggandeng aktor kondang Hollywood dan Duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Leonardo DiCaprio sebagai eksekutif produser.

Film The White Helmets mengisahkan perjuangan sekelompok sukarelawan di daerah rawan konflik Allepo (Suriah) yang menamakan diri The White Helmets. Sejak berdirinya, organisasi ini mengklaim telah menyelamatkan lebih kurang 82.000 nyawa warga yang menjadi korban konflik berdarah di Suriah. Hak tayang dokumenter berdurasi 40 menit ini kini telah dibeli oleh Netflix. Terinspirasi oleh dokumenter tersebut, aktor kawakan George Clooney dan produser Grant Heslov kini sedang mempersiapkan pembuatan sebuah film fitur mengenai The White Helmets.

Dok. AP

Dok. Netflix

Dok. Getty Images

Aktor George Clooney dan istri menghadiri penayangan The White Helmets

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.