OSCARS 2017

FAKTA MENARIK TENTANG AJANG PIALA

Kabari - - UTAMA - untuk SHARE Artikel ini klik www.Kabarinews.com/91351 (Kabari1007)

Apa saja yang istimewa dari ajang Piala Oscar yang ke-89 tahun ini? Simak yang berikut ini

Academy of Motion Picture and Art Sciences (AMPAS) memberikan kesempatan untuk pertama kalinya kepada Jimmy Kimmel untuk membawakan acara Piala Oscar. Jimmy merupakan pelawak sekaligus pembawa acara Jimmy Kimmel Live!, acara talk show malam yang sangat populer di Amerika Serikat.

Dengan 14 nominasi Oscar yang diraih, film La La Land menyamai rekor film All

About Eve dan Titanic sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Academy Awards. Pada malam penghargaan Academy Awards yang ke-89, film tersebut berhasil memboyong 6 Piala Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Sinematografi Terbaik, Musik Orisinal Terbaik, Lagu Orisinal Terbaik, dan Tata Artistik Terbaik.

Nominasi Barry Jenkins, penulis dan sutradara film Moonlight, merupakan salah satu unsur yang juga historis. Ini menandakan pertama kalinya dalam sejarah perfilman Hollywood seorang keturunan kulit hitam mendapatkan 3 nominasi sekaligus (trifecta), yakni Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Film Terbaik. Ia berhasil membawa pulang Piala Oscar untuk gelar Film Terbaik.

Pada usia 32 tahun, Damien Chazelle menjadi sutradara termuda yang pernah memenangkan gelar Sutradara Terbaik sepanjang sejarah Academy Awards. Penghargaan bergengsi tersebut diraihnya untuk film La La

Land garapannya yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone.

Mahershala Ali menjadi aktor Muslim pertama yang meraih penghargaan Oscar. Ia mendapatkan gelar Aktor Pendukung Terbaik untuk aktingnya dalam film Moonlight.

Dengan durasi 7 jam 47 menit, film O.J.: Made in America yang menyandang gelar film dokumenter terbaik tahun ini adalah film dengan durasi terpanjang yang memenangkan dan pernah masuk nominasi Academy Awards.

Sebanyak 85 film berbahasa asing memenuhi syarat dan diterima oleh panitia seleksi Piala Oscar tahun ini, di antaranya Yaman yang mengumpulkan untuk pertama kalinya. Jumlah tersebut merupakan rekor terbanyak dalam sejarah penghargaan film paling bergengi tersebut.

Meryl Streep kembali memimpin sebagai aktor/aktris dengan nominasi Piala Oscar terbanyak, yakni 20 nominasi. Ia meraih nominasi pertamanya melalui film The Deer Hunter (1978). Adapun kemenangan terakhir Meryl adalah untuk aktingnya di film The Iron Lady (2011).

Setelah sempat vakum di ajang Piala Oscar selama beberapa tahun, Indonesia kembali ikut berkompetisi dengan puluhan negara lain dalam kategori Film Asing Terbaik. Dengan mengikuti mekanisme seleksi sebagaimana ditetapkan oleh AMPAS, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan Komite Seleksi menjatuhkan pilihan mereka pada film Surat

Dari Praha. Film yang disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko ini bercerita soal kehidupan para mahasiswa ikatan dinas di era 60an yang harus terasing dari Tanah Air sendiri karena tidak mau mengakui pemerintahan Orde Baru. Mereka tidak bisa kembali ke Tanah Air dan terpaksa menetap di Praha.

Joi McMillon merupakan wanita keturunan kulit hitam pertama yang pernah dinominasikan sebagai Editor Terbaik dalam sejarah Piala Oscar.

Dok. Jimmy Kimmel Live

Dok. Lionsgate

Dok. Reuters

Dok. AMPAS

Dok. Shutterstocks

Dok. Visinema Pictures

Dok. Paramount Pictures

Dok. Indiewire

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.