Cerita Para Dokter Indonesia yang Berkiprah di Amerika

Tak banyak orang mampu meraih mimpinya. Apalagi mimpi itu bisa diwujudkan di negeri adidaya, Amerika Serikat. Namun, 4 orang dokter asal Indonesia ini mampu merealisasikannya. Bagaimana kisah mereka?

Kabari - - DAFTAR ISI - untuk SHARE Artikel ini klik www.Kabarinews.com/92736 (Kabari1009 & Foto: dok. Pribadi)

Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. Profesi seorang dokter dituntut agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik sehingga pasien mengalami kesembuhan.

Umumnya profesi dokter dikatakan sebagai pekerjaan mulia. Hal ini karena tugas utama dokter adalah menyembuhkan orang sakit.

KETEGUHAN HATI

Bagi Santi Budiasih dan Eugene Suwandhi, tidak mudah menjadi dokter di Amerika. Banyak tantangan yang harus mereka lewati. Santi Budiasih yang merupakan dokter anak di klinik Mercy Oakwood Medical Building di Oshkosh, Wisconsin, merasakan hal itu. “Saya belajar agar lulus persamaan dokter di Amerika. Aduh susahnya itu ujian,” katanya kepada Kabari.

Sementara Eugene Suwandhi yang juga Dokter Anak mengaku hal yang tak jauh berbeda. Menurutnya yang harus dipersiapkan adalah mental karena persaingannya tidak mudah. “Persaingan sengit, karena salah satu harus bersaing dengan lulusan medis dari Amerika dan seluruh dunia,” ujar pria yang menyukai olahraga tenis, basket, bola voli, renang dan lari.

Pengalaman yang tak jauh berbeda juga dialami Mingliarti Tjahjana. Menurut Mingliarti tidak mudah menjadi seorang dokter asing di Amerika. Harus melewati ujian-ujian persamaan dan belajar penyakit yang agak berbeda dari penyakit di Indonesia. Rumah sakit yang mau menerima juga terbatas. “Sesudah lulus, kadang orang masih berpendapat bahwa orang asli Amerika lebih kompeten,” terangnya.

Kisah berbeda diceritakan Ranti Aryani yang merupakan seorang dokter gigi. Ranti yang telah puluhan tahun tinggal di Amerika ini memiliki kerinduan agar ilmu bisa bermanfaat untuk Indonesia. “Berharap agar kelak, ilmu dan keahlian dapat dibagikan dan diterapkan untuk menjadi manfaat bagi orang – orang di tanah air,” ucapnya.

Ranti Aryani

Mingliarti Tjahjana

Eugene Suwandhi

Santi Budiasih

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.