Napak Tilas Jejak Presiden AS di Washington, D.C.

Kabari - - DAFTAR ISI -

Proklamasi kemerdekaan Amerika Serikat (AS) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 4 Juli tidak terlepas dari sosok-sosok Presiden AS. Berikut beberapa titik yang dapat Anda kunjungi di Washington, D.C. untuk mengenal lebih dekat sosok mereka:

GEDUNG PUTIH

Gedung Putih (The White House) menjadi kediaman dan kantor resmi Presiden AS sejak masa kepemimpinan John Adams (tahun 1800). Kompleks tersebut terdiri dari beberapa bangunan utama, antara lain Kediaman Eksekutif (Executive Residence), Kantor Oval (Oval Office), Sayap Barat (West Wing), dan Sayap Timur (East Wing). Gedung Putih memiliki 2 beranda utama yang tampak dari luar, utara (North Portico, menghadap ke Pennsylvania Avenue) dan selatan (South Portico, menghadap ke Constitution Avenue). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai syarat dan aturan kunjungan ke Gedung Putih, Anda dapat mengakses www.whitehouse.gov.

BLAIR HOUSE

Blair House merupakan wisma khusus tamu Presiden AS. Bangunan empat lantai tersebut memiliki 119 ruangan, termasuk 14 kamar tidur, 35 kamar mandi, tiga ruang makan formal, dua ruang rapat, sebuah ruang kebugaran, dan sebuah ruang rias. Hanya kepala negara sahabat yang diizinkan untuk tinggal di Blair House selama melakukan lawatan resmi ke Negeri Paman Sam. Sejauh ini, ada empat Presiden RI yang pernah menginap di wisma tersebut: Soekarno (1962), Megawati Soekarnoputri (2001), Susilo Bambang Yudhoyono (2005), dan Joko Widodo (2015). Selain kepala negara sahabat, Blair House juga biasanya menjadi tempat tinggal sementara bagi Presiden AS terpilih sebelum dilantik. Adapun tradisi ini dimulai oleh Presiden Jimmy Carter. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan Gedung Putih, letak Blair House juga tidak jauh dari Gereja Episkopal Santo Yohanes yang menjadi tempat doa kebanyakan Presiden AS sebelum menghadiri upacara pelantikan.

ROOSEVELT MEMORIAL

Monumen ini didirikan untuk mengenang jasa dan prestasi Presiden AS yang ke-32, Franklin Delano Roosevelt (FDR). Sejarah mencatat FDR sebagai Presiden AS dengan masa bhakti terlama, yakni selama 12 tahun. Presiden Roosevelt juga dikenal keberhasilannya membawa rakyat Amerika keluar dari masa Depresi Hebat (Great Depression). Selain patung FDR, Anda juga akan melihat patung Ibu Negara Eleanor Roosevelt dan tak ketinggalan patung Fala (anjing kesayangan FDR).

GEDUNG CAPITOL

Gedung Capitol adalah tempat di mana anggota Kongres AS resmi berkantor dan bersidang. Pada setiap awal tahun, Presiden AS menyampaikan pidato kenegaraannya di sini. Mayoritas Presiden AS juga dilantik di beranda gedung ini. Tidak jarang upacara pelantikan pun harus dilaksanakan di dalam gedung karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Namun, sejak kepemimpinan Presiden AS ke-40 Ronald Reagan, pelantikan presiden selalu diselenggarakan di teras barat.

Di bawah kubah Gedung Capitol, Anda akan mendapati 6 patung Presiden AS, antara lain George Washington, Andrew Jackson, James Garfield, Dwight Eisenhower, Gerald Ford, dan Ronald Reagan. Di ruangan ini pulalah, jenazah beberapa presiden dan tokoh penting Amerika pernah disemayamkan.

Presiden Obama saat tinggal di Blair House (Dok. Getty Images)

Beranda utara Gedung Putih

Teras barat Gedung Capitol

Roosevelt Memorial

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.