Menjelajah Wisata Alam di Kepulauan Nusa Tenggara Timur

Kabari - - DAFTAR ISI -

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam kepulauan Nusa Tenggara yang memiliki 21 Kabupaten atau Kota.

Kepulauan NTT menyimpan sejuta keindahan alamnya, seperti disampaikan Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Jelamu ada banyak destinasi wisata di daerahnya yang wajib dikunjungi, salah satunya Taman Nasional Pulau Komodo yang dikenal sebagai habitat asli komodo, terletak di Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Indonesia boleh berbangga memiliki Pulau Komodo karena terus mendapat sorotan, dan barubaru ini Taman Nasional Pulau Komodo masuk dalam 10 destinasi terbaik dunia versi National Geographic. “Baru-baru ini menurut majalah National Geographic, majalah terpopuler di dunia dari 100 destinasi terbaik dunia, 10 destinasi terbaik salah satunya adalah taman nasional komodo, itu di bagian barat,” terang Marius saat ditemui Kabari di gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Selain itu, ada satu kampung tradisional Wae Rebo yang merupakan kampung adat yang tersisa di Manggarai NTT. Kampung adat ini bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan arsitektural tua yang diakui secara internasional terletak di kabupaten Manggarai, Kabupaten Kampung Bena, yang terdiri dari 17 pulau di Ruing.

Destinasi wisata NTT lain yang tidak boleh terlewatkan adalah Danau Kelimutu atau danau tiga warna yang terletak di Ende. Ada pula situs sejarah Bung Karno yang ada di Pulau Ende, NTT, dimana tempat ini tercatat sebagai tempat saat Bung Karno diasingkan di Pulau Ende sekitar tahun 1934-1938

Masih banyak lagi kearifan lokal NTT lainnya seperti di Kabupaten Sikka ada beberapa peninggalan portugis di lereng hutan di Flores Timur, lalu ada juga tradisi portugis yang usianya kurang lebih 500 tahun, misalnya tradisi Semana Santa jelang Jumat agung.

Kemudian di Kabupaten Lembata ada Gunung Ile Api yang meletus setiap 20 menit, di samping itu di pulau Alor ada taman laut yang sangat indah dan juga di pulau Rote

surfing international yang sangat terkenal, serta alunan musik Sasando tradisional yang menjadi khas NTT.

NTT juga memiliki warisan budaya Megalitik yang masih lestari di salah satu pulau menawan ini, Adalah kubur batu, salah satu peninggalan nenek moyang yang bisa ditemui di sembarang tempat di Sumba, termasuk halaman rumah warga lokal, gedung pemerintahan, perbukitan, dan pesisir pantai. Selain itu, di Sumba juga memiliki atraksi budaya yang terkenal yakni tradisi Pasola, atraksi perang lembing dangan menunggang kuda yang diadakan untuk menyambut tahun baru dalam kepercayaan Marapu dan panen.

Masih banyak lagi peninggalan sejarah sebagai obyek wisata yang wajib dikunjungi di belahan wilayah Nusantara Tenggara Timur. Spot menarik lainnya seperti Pantai Kolbano di pulau Timor menambah pesona wisata di wilayah Kepulauan Nusa Tenggara.

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tidak begitu dengan Pantai Kolbano ini. Di tepi pantai Kalbano dihiasi kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Satu lagi keunikan pantai ini adalah Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam dari satu tempat yang sama. Sehingga tidaklah mengherankan jika tempati ini menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin berburu momen-momen tersebut.

Pantai Oetune memiliki sedikit keunikan. Menurut beberapa pengunjung yang datang di sana, Pantai Oetune lebih baik daripada Pantai Kuta di Bali dan Pantai Senggigi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bedanya, Pantai Kuta dan Senggigi

sudah sangat terkenal karena dikelola secara profesional. Sementara Pantai Oetune di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan masih dibiarkan alami. Untuk sampai ke Pantai Oetune, dibutuhkan waktu lebih kurang 2,5 jam perjalanan dari Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Meski demikian, perjalanan berkelokkelok, naik turun bukit dan lembah, tidak membuat lelah, karena begitu sampai di lokasi, panorama alamnya membius setiap mata yang memandang.

Kemudian Pantai Wini, Pantai Wini terletak di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berjarak ±65 km dari kota Kefamenanu. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum, motor ojek atau rental mobil dengan waktu tempuh ± 1 jam lebih.

Selain kelautan tersebut, ada Padang Savana di Sumba yang sangat Indah, Puru Kambera, lebih dikenal oleh para pelancong sebagai suatu nama dari sebuah pantai yakni Pantai Puru Kambera di Sumba Timur. Terletak sekitar 24 km dari Kota Waingapu, terdapat sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba lengkap dihiasi dengan sekumpulan kuda di alam liarnya. Obyek wisata tersebut bisanya sering dipakai untuk lokasi syuting para film maker.

Beberapa spot lainnya seperti Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pasir Pink dan spot lainnya juga banyak dipakai untuk lokasi syuting produksi film dari Korea.

“Nusa Tenggara Timur sangat kaya dengan destinasi wisata dan didukung juga oleh ekonomi kreatif, tenun-tenun ikat yang sangat terkenal berasal dari NTT, salah satunya dari pulau Sumba,” tutup Marius. (KABARI1008/ foto:dok.ist)

Danau Kelimutu

Pulau Komodo

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Bp. Marius Jelamu

Kampung Wae Rebo

Pantai Wini

Savana Sumba Timur

Pulau Kukusan, Labuan Bajo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.