Sepak Terjang Keluarga Tjahaja Purnama di Panggung Politik Nusantara

Kabari - - PROFIL -

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merupakan sulung dari 5 anak pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih. Ia memulai kiprah politiknya di tanah kelahirannya sebagai Bupati Belitung Timur. Ahok juga sempat menjadi anggota DPR RI sebelum akhirnya terpilih sebagai Wakil Gubernur mendampingi Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin provinsi DKI Jakarta periode 2012-2017. Pada tanggal 19 November 2014, Ahok dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk sisa masa jabatan 2012-2017 menggantikan Jokowi yang terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7.

Mengikuti jejak sang kakak, dua adik kandung Ahok juga sempat masuk ke gelanggang politik. Memulai karirnya sebagai seorang dokter spesialis gizi dan pegawai negeri sipil (PNS) di Provinsi Bangka Belitung, dr. Basuri berhasil memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang mengantarkannya sebagai Bupati Belitung Timur untuk masa bhakti 2010-2015. Namun demikian, dalam pemilihan umum Bupati Belitung Timur 2015, ia dikalahkan oleh Yuslih Ihza Mahendra.

Selain Basuki dan Basuri, Fifi pun pernah mencoba peruntungannya di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Walikota Pangkal Pinang pada tahun 2008. Ia mengaku terpanggil untuk memperjuangkan rakyat kecil yang tertindas dengan pembangunan yang menurut penilaiannya semu sehingga tidak menyentuh pembangunan hidup manusia seutuhnya. Berpasangan dengan Yugo Saldian, Fifi meraup 16.087 suara (22.39%) sehingga tidak cukup untuk keluar sebagai pemenang pemilihan walikota. (KABARI1007)

Basuri Tjahaja Purnama

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.