Top 10

Kabari - - DAFTAR ISI -

1

Rencana pembangunan gedung baru dan apartemen untuk anggota DPR kembali menuai kontroversi. Sebagian berkomentar miring yang mengatakan anggaran yang digunakan untuk pembangunan sebesar Rp 5,7 triliun tidak patut, karena menilai belum ada alasan objektif dan rasional untuk menambah fasilitas bagi anggota dewan. Sementara pendapat lain yang mendukung memaparkan bahwa gedung baru DPR merupakan kebutuhan karena kondisi gedung DPR tidak cukup menampung 560 anggota beserta staf dan tenaga ahli. Selain gedung DPR baru, ada wacana membangun apartemen di kawasan Senayan, alasannya untuk memperpendek jarak tempuh anggota saat menuju Gedung DPR RI.

2

Saksi kunci kasus besar KTP elektronik (e-KTP) tewas bunuh diri di Los Angeles, Amerika Serikat. Berita ini sempat membuat banyak pihak di Indonesia kaget di tengah penanganan kasus e-KTP yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Johannes Marliem, disebut-sebut sebagai saksi kunci yang menurut pengakuannya di salah satu media memiliki rekaman percakapan dengan para politisi yang diguga mendalangi sistem e-KTP. Johannes Marliem merupakan direktur Biomorf Lone LLC, sebuah perusahaan yang berkantor di Amerika dan telah mengerjakan proyek sistem identifikasi sidik jari untuk e-ID. Kematian Marliem tidak membuat gentar KPK untuk terus mengusut dan memecahkan kasus yang merugikan negara, KPK tetap berkomitmen mengungkap dan menangkap dalang di balik e-KTP.

5

Polri berhasil membongkar sindikat perdagangan manusia dengan tujuan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan Suriah. Sejumlah bukti berupa paspor, kendaraan, buku tabungan dan visa turut disita untuk memperkuat Sindikat perdagangan manusia ini ternyata sudah berlangsung lama sekitar 7 tahun. Dari temuan polisi ada sekitar 862 laporan dengan korban sebanyak 1.200 orang. Kedelapan tersangka akan dikenai Undang-Undang No 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Undang-Undang No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di luar negeri, dengan ancaman hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal sepuluh tahun.

3

Pembukaan SEA Games XXIX/2017 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia memicu kontroversi. Kesalahan fatal yakni pemuatan gambar bendera Indonesia yang terbalik pada buku panduan Sea Games membakar jiwa nasionalisme rakyat Indonesia. Indonesia yang baru saja merayakan hari Kemerdekaan ke 72 tahun merasa tercederai dengan kejadian tersebut. Tak berselang lama, pemerintah Malaysia melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia yang disampaikan pada Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahwari.

4

Polisi Indonesia berhasil meringkus terduga komplotan militan Muslim yang rencananya akan melakukan teror di Istana Negara dan beberapa markas besar pasukan elit polisi di Jakarta dan Bandung. Dari penangkapan tersebut disita bahan kimia yang disimpan dalam berbagai kontainer di rumahnya di Bandung. Juru bicara kepolisian Jawa Barat Yusri Yunus mengatakan militan yang ditangkap adalah anggota Jemaah Anshorut Daulah, jaringan sekitar dua lusin kelompok ekstrimis Indonesia yang dibentuk pada 2015 dan pengikut pemimpin kelompok ISIS Abu Bakral-Baghdadi. Di antara lima orang yang ditangkap, ada pasangan suami istri yang sekitar tiga tahun lalu dideportasi dari Hong Kong karena dicurigai menyebarkan ideologi radikal.

6

Puluhan orang dari berbagai organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Boemi Poetra menggugat, menyerukan pembongkaran patung Dewa perang China, Kwan Seng Tee Koen. Massa aksi menilai pembangunan patung setinggi 30 meter itu tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, dan mengalahkan simbol-simbol nasionalisme bangsa Indonesia. Sementara masyarakat lintas etnis dan agama Jawa Timur menentang rencana kelompokkelompok masyarakat untuk merobohkan patung. Mereka menilai aksi tersebut justru akan memecah belah persatuan. Dalam sepuluh tahun terakhir, sedikitnya ada Sembilan peristiwa yang menjadi perhatian publik, terkait penolakan dan perobohan patung di Indonesia. Pada tahun 2015 lalu, patung Jayandari di Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai penggambaran profesi masyarakat harus diturunkan karena dianggap berhala. Selain itu juga ada patung Gatotkaca dan patung Arjuna Memanah di Purwakarta, patung Akar Manusia di Yogyakarta, patung Buddha Amitabha di Vihara Tanjung Balai Sumatera Utara serta beberapa patung karya seniman terpaksa harus dirobohkan dan dibakar akibat penolakan sejumlah kelompok masyarakat.

7

Kementerian Luar Negeri Indonesia merilis kartu diaspora Indonesia bertepatan pada perayaan HUT Kemenlu ke 72 tahun. Kartu diaspora Indonesia diperuntukan bagi seluruh diaspora Indonesia baik yang masih berkewarganegaraan Indonesia maupun tidak. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan kartu diaspora bisa digunakan sebagai fasilitas bagi para WNI atau mantan WNI untuk beberapa keperluan di Indonesia.

8

Pemprov DKI Jakarta berencana memperluas area pelarangan sepeda motor menjadi dari Bundaran HI hingga Bundaran Senayan. Pembatasan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di Ibu Kota. Jika nanti dilarang melintas, pengguna sepeda motor diberikan jalur alternatif untuk melintas di jalan-jalan yang ada di sekitar jalan Sudirman dan Thamrin. Meski ada jalur alternatif, diharapkan para pengguna sepeda motor dapat menjadikan larangan ini sebagai momentum untuk beralih ke transportasi umum. Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah mengatakan, pemerintah akan meminta pemilik gedung di sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin untuk membuka akses pintu belakang.

10

Ratusan karyawan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) PT Freeport Indonesia berunjuk rasa di Check Point Mile 28, Timika, Papua (19/8). Karyawan korban PHK merasa kecewa karena persoalan hubungan industrial antara pekerja dan manajemen PT Freeport Indonesia tidak kunjung selesai. Aksi unjuk rasa ini berbuntut pengerusakan dan pembakaran. Kejadian berlangsung cepat, ratusan orang membakar empat mobil milik PT Freeport Indonesia, gardu listrik dan merusak pos keamanan. Puluhan sepeda motor yang terparkir di sekitar pos keamanan pun menjadi sasaran amuk massa. Kerusuhan yang dipicu PHK itu tidak hanya terjadi di sekitar area pertambangan di Tembagapura, kerusuhan meluas hingga wilayah Kota Timika, Papua. Ratusan massa bergerak masuk ke Terminal Bus Gorong-gorong di Timika, di terminal khusus karyawan Freeport itu, massa juga merusak dan membakar aset milik PT Freeport Indonesia. (Kabari1001)

9

Fenomena jemaah Indonesia menunaikan ibadah haji dengan kuota negara lain sempat menghebohkan banyak pihak. Keberadaan jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji dengan kuota jemaah haji, harus bertolak belakang dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan jemaah yang berangkat dengan paspor negara lain bisa membahayakan dirinya, masalahnya negara Indonesia tidak mengakui adanya dua kewarganegaraan. Lukman berharap kejadian tahun lalu tidak terulang pada tahun ini maupun yang akan datang. Namun jika ada WNI yang kedapatan menggunakan paspor negara lain maka akan terancam sanksi dicabutnya hak kewarganegaraannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.