BUAT MASKER SENDIRI YUK.. Solusi Hemat Bonus Cantik

Resep merawat kulit wajah, dengan masker alami yang bisa Anda buat sendiri.

Kabari - - KECANTIKAN -

Ingin cantik tapi mahal, sekalinya murah pasti repot, ungkapan ini sering kali kita dengar atau bahkan kita sendiri pernah mengalaminya. Ya, cantik memang perlu proses dan perjuangan, karena itu jangan heran biaya perawatan kecantikan tidak murah.

Isi dompet pas-pasan bukan alasan untuk tidak tampil bersih dan menawan. Ibarat pepatah mengatakan, ‘tak ada rotan akar pun jadi’ sama halnya tidak bisa ke salon atau klinik perawatan wajah, bahan alami pun bisa dimanfaatkan untuk mempercantik dan merawat wajah.

Buah, sayuran dan bumbu dapur sejak dulu dipercaya menjadi bahan perawatan yang berkhasiat. Berbagai produk perawatan wajah dari harga murah sampai harga mahal pun faktanya masih menggunakan ekstrak dari buah, sayuran dan bumbu dapur. Terbukti bukan, bahan-bahan alami berkhasiat. Selain memberikan asupan vitamin tinggi dan berserat, buah juga memiliki khasiat baik bagi kulit wajah. Penasaran bagaimana membuatnya? Mari intip bahan dan cara pembuatannya.

Masker Tomat dan Putih Telur

Hancurkan sebuah tomat tambahkan 1 sendok makan putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih. Lakukan setiap 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang halus.

Masker Mengkudu

Kupas satu buah mengkudu lalu hancurkan. Campur dengan 1-2 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan kulit terasa kencang. Bersihkan dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk mereka yang berkulit cenderung kering.

Masker Nanas

Campurkan jus nanas dan air santan secukupnya dalam mangkuk kecil, lalu aduk rata. Setelah itu, aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit sampai mengering sendiri. Bilas wajah Anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Nanas bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit agar senentiasa halus dan tampak lebih cerah.

Masker Jeruk Nipis Cuci bersih sebuah jeruk nipis lalu iris. Peras airnya untuk diminum. Usapkan kulit bagian dalam jeruk nipis ke wajah yang sudah bersih. Baik digunakan untuk mengontrol minyak berlebihan pada wajah. Masker Mentimun

Siapkan ½ buah timun, 1 sdt perasan air lemon, 1 sdt air perasan daun mint. Masukan semua bahan ke dalam blender, tempatkan dalam botol kecil dan dinginkan dalam lemari es. Setelah sekitar 10 menit, keluarkan lalu bubuhkan pada wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat lalu diikuti air dingin. Gunakan masker ini secara teratur 1 minggu sekali. Masker ini ampuh untuk menghilangkan komedo yang mambandel di wajah.

Masker Bengkuang

Kupas buah bengkuang (yang kecil saja) lalu parut, oleskan pada wajah lalu diamkan 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu, dan sangat dianjurkan bagi mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Masker Apel

Potong 1 buah apel menjadi 4 bagian, lalu blender sampai lumat. Tuangkan dalam botol kecil lalu tambahkan madu, aduk hingga rata. Masukan botol tersebut ke dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit. Setelah cukup dingin, keluarkan dan bubuhkan masker tadi pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan air sampai bersih.

Masker Tomat

Buah Mengkudu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.