Tips Hemat, Buat Pengharum Ruangan Alami yuk!

Memanfaatkan rempah dan bunga sebagai bahan pengharum ruangan alami.

Kabari - - SERBA SERBI -

Pengharum ruangan sintetis merupakan salah satu alat penting yang perlu ada di rumah. Tapi, jika bisa membuatnya sendiri, mengapa harus beli?

Untuk membuat pengharum ruangan, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan seperti, memasak rempah, menanam tanaman yang berbau harum, potpourri atau membuat sendiri pengharum ruangan dari bahan alami. Ada beberapa jenis bahan dapur dan bunga yang bisa digunakan untuk rempah di antaranya, kayu manis, cengkih, vanila, serai, lavender dan rosemary. Untuk membuat pengharum dari rempah-rempah tersebut, Anda hanya perlu merebusnya dalam panci atau kendi. Saat masih panas, letakkan di dalam ruangan yang Anda inginkan. Tambahkan jeruk nipis atau lemon untuk menambah aroma lebih segar. Kepulan asap yang keluar dari rebusan akan membuat ruangan lebih harum dan nyaman.

Tak hanya rempah, tanaman bunga juga bisa dimanfaatkan untuk pengharum ruangan, seperti bunga melati misalnya, bunga ini berbunga hampir setiap hari, aromanya yang kuat pun sangat disukai. Tips menanam tanaman wangi, sediakan pot kecil dari plastik atau tanah liat. Letakkan pot di dekat jendela agar tanaman wangi yang Anda tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Anda juga bisa membuat Potpourri, media ini lebih praktis dan mengeluarkan aroma lebih cepat dan tahan lama. Anda bisa mencampurkan segala macam bahan alami berbau wangi, seperti melati, cengkih, kulit jeruk dan lainnya. Dengan potpourri Anda bisa bereksperimen dan menciptakan aroma wangi yang unik seperti yang anda sukai. Pastikan, semua bahan yang akan digunakan dalam keadaan kering dan tempatkan dalam pot kecil. Letakkan pot kecil yang sudah disusun dengan rempah pada ruangan yang Anda ingin.

Ingin pengharum yang digantung, Anda juga bisa menempatkannya pada kain kasa. Masukkan rempahrempah kering yang sudah disiapkan ke dalam kain kasa lalu bungkus dan ikat. Gantung di area yang Anda inginkan. Pengharum gantung ini juga bermanfaat untuk mengusir serangga seperti nyamuk, yakni pilihannya bisa menggunakan bahan lavender atau irisan batang serai. Selamat mencoba! (Kabari1001/ foto: dok.ist)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.