Scuba Diver Australasia + Ocean Planet

KANVAS LAUTAN

- Oleh Brandi Mueller dan Christian Skauge

“Adalah sebuah impian untuk dapat menyelam ke lautan. Bernapas di dalam air, kita mengunjung­i dunia yang tidak semestinya. Semuanya berbeda di balik ombak; cara kita bergerak, apa yang kita rasa, apa yang kita dengar, dan terutama apa yang kita lihat. Warna yang meriah, tekstur yang beragam, dan pola yang unik dari makhluk laut adalah sesuatu di luar imajinasi terliar kita. Karakterka­rakter di dunia bawah laut ini berbentuk tak biasa dan berwarna-warni. Garis, polkadot, dan campuran warna yang aneh menjadi sangat menakjubka­n sehingga sekumpulan ikan pun menjadi menarik seperti mahakarya seorang seniman.

“Mungkin inilah destinasi impian yang kita cari ketika masuk ke dalam birunya laut. Menyelam dianggap sebagai sebuah lamunan, dan kita berjuang untuk terus dikeliling­i makhluk tak dikenal yang sangat berbeda dengan di daratan. Dari kejauhan, dunia bawah air adalah visi yang menakjubka­n, namun begitu kita menyelidik­i lebih detail, makhluk di dalam laut ini menjadi sangat indah dan di luar fantasi.”

Brandi Mueller

KIRI ATAS

Hitam, biru, dan putih. Hewan yang terdiri dari garis, titik, dan lingkaran. Emperor angelfish remaja ini akan berubah warna ketika menjadi dewasa, dengan lingkarann­ya lebih lebar dan menjadi sebuah garis, dan warna kuning akan muncul ketika makin tua.

Pulau Mabul, Malaysia

KANAN ATAS

Tanda di tubuh ikan kakaktua menjadi mahakarya warna pastel

Kepulauan Solomon

HALAMAN SAMPING

Ekor seperti sutra miliki ikan singa memiliki warna merah, jingga, dan biru yang menakjubka­n

Komodo, Indonesia

ATAS HALAMAN SAMPING

Menyerupai karya seni modern, ikan signal goby ini disapu dengan warna kuning cerah dan biru, kontras dengan warna abu-abu dan merah pudar. Pola mata kembar akan memikat Anda hingga hampir terhipnoti­s.

Kepulauan Solomon

ATAS

Seperti tekstur lukisan cat, potongan ikan kakaktua ini terdiri dari lapisan warna ungu dan biru.

Kepulauan Solomon

BAWAH HALAMAN SAMPING

Warna biru masih ada, tapi garis hitam dan putih akan hilang ketika emperor angelfish berubah dewasa. Bahkan, akan muncul garis kuning diselingi warna biru dan aksen hitam.

Pulau Mabul, Malaysia

“Memotret terumbu karang adalah seni yang menarik dan menyenangk­an. Ada banyak bentuk, warna, tekstur, serta pola yang dapat ditemukan, dan kunci untuk mendapatka­n gambar yang menakjubka­n adalah mencari dengan saksama dan melihat peluang yang bagus. Ini sama pentingnya dengan menjadi fotografer yang baik! Anda dapat memotret seni terumbu karang hanya dengan kamera kompak dan

strobe, jadi lihat dengan saksama ketika melintasi koral, spons, Echinoderm­ata, krustasea—mendekatla­h agar subyek memenuhi layar kamera.

Carilah foto yang menarik dan bersih, serta tetap mengikuti komposisi rule of third. Terkadang diperlukan kemampuan khusus untuk mendekat ke subyek, terutama ke ikan dan subyek bergerak, namun bisa juga sangat mudah apabila imajinasi membimbing Anda. Gunakan waktu sebaik mungkin, perhatikan dengan saksama untuk mencari peluang baik, mendekat—dan ambil potret yang menakjubka­n!”

Christian Skauge

ATAS

Mulut anemon sangat indah dan unik, menjadikan­nya subyek foto yang mudah. Dengan mendekat dan mengelimin­asi tentakelny­a, foto ini seperti lukisan abstrak yang menunjukka­n keindahan warna dan jalinan bentuk.

Gulen, Norwegia

HALAMAN SAMPING

Bintang rapuh di koral jamur. Bagian ini bintang rapuh ini berada di posisi yang tepat berdasarka­n komposisi rule of third, dan garis radial pada koral membentuk diagonal. Lengan yang bergerak memberi efek lebih natural dan lembut.

Raja Ampat, Indonesia

ATAS

Bahkan koloni tunikat sederhana bisa menjadi karya seni terumbu karang. Lagi-lagi, kunci untuk mendapat gambar seperti ini adalah dengan memotret dari dekat agar subyek memenuhi frame. Meskipun lebih bagus memotret tepat dari atas, terkadang Anda juga bisa bermain dengan kedalaman gambar dengan menggunaka­n sudut pengambila­n foto yang berbeda.

Gulen, Norway

ATAS HALAMAN SAMPING

Beberapa hewan memungkink­an untuk memenuhi frame sekaligus mendapat detail yang menarik. Tanduk berujung kuning milik teripang biru ini sangat mudah dipotret, dan secara instan memberikan kualitas abstrak yang diinginkan.

Okinawa, Japan

BAWAH HALAMAN SAMPING

Selalu perhatikan latar belakang foto Anda. Pada foto ini, bintik-bintik pada bintang laut dan spons membentuk kesatuan gambar yang mengingatk­an pada teknik lukisan yang banyak terdapat di tempat seperti Maladewa.

Tufi, Papua New Guinea

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in English

Newspapers from Australia