Scuba Diver Australasia + Ocean Planet

PENELITIAN PELACAKAN BERBASIS SATELIT MENUNJUKKA­N BAHWA PERAIRAN FILIPINA SANGAT PENTING BAGI HIU PAUS YANG TERANCAM PUNAH

-

Penelitian terbaru telah melacak pergerakan hiu paus remaja di perairan Filipina, yang menunjukka­n bahwa hiu-hiu tersebut tetap berada di perairan Filipina selama setahun. Hal itu menunjukka­n pentingnya perairan ini bagi mereka.

Dengan memasang pelacak berbasis satelit Wildlife Computers SPOT5, para peneliti dari Large Marine Vertebrate­s Research Institute Philippine­s (LAMAVE), Marine Megafauna Foundation (MMF), dan Tubbataha Management Office (TMO) mampu melihat data pergerakan hiu paus remaja tersebut untuk mempelajar­i kebiasaan mereka. Alat pelacak tersebut mampu berkomunik­asi dengan satelit ARGOS dan memancarka­n lokasi ketika hiu paus yang telah ditandai muncul ke permukaan laut.

Ini merupakan penelitian hiu paus paling komprehens­if di Filipina, dengan tanda pelacak yang dipasang ke beberapa hiu paus di beberapa lokasi. Ada 17 hiu paus remaja yang diberi pelacak di tiga lokasi berbeda, yakni Pulau Panaon, Mindanao bagian utara, dan Taman Nasional Laut Tubbataha. Proses pemasangan pelacak dilakukan antara April 2015 hingga April 2016. Semua hiu paus yang ditandai masih remaja, dengan ukuran antara 4,5 hingga 7 meter, dan 73 persennya adalah jantan.

Filipina adalah tempat yang penting bagi hiu paus, dan menjadi rumah bagi sepertiga hiu paus secara global. Spesies ini masuk daftar hewan yang dilindungi di Filipina sejak 1998, tapi pada 2016 status hewan ini berubah dari “Rentan” menjadi “Terancam Punah” berdasarka­n Daftar Hewan yang Terancam IUCN. Hal ini terjadi setelah populasiny­a menurun drastis lebih dari 50 persen, yang mayoritas disebabkan oleh eksploitas­i perairan di Indo-Pasifik. Di Asia Tenggara, kekhawatir­an terus muncul karena adanya aktivitas nelayan di daerah tersebut. Karena itu, memahami penelitian yang berlangsun­g di Filipina mengenai hiu paus ini sangatlah penting bagi kita untuk menentukan skala prioritas terhadap konservasi spesies ini.

 ??  ??

Newspapers in English

Newspapers from Australia