Scuba Diver Australasia + Ocean Planet

KARANG SPONS LANGKA DAN SPESIES KORAL BARU DITEMUKAN DI LAUT DALAM IRLANDIA

-

Dalam penelitian laut dalam yang dilakukan sekitar 480 kilometer lepas pantai barat Irlandia, sejumlah ahli laut berada di dasar laut Irlandia untuk melakukan program pemetaan, yakni Integrated Mapping for the Sustainabl­e Developmen­t of Ireland’s Marine Resource (INFOMAR), dan mereka menemukan spesies octocoral jenis Corallium serta spesies langka koral hitam. Penemuan penting lainnya adalah penampakan karang spons di Rockall Bank, yakni sekumpulan spons hidup dan mati yang langka dan unik yang sebelumnya hanya ditemukan di perairan Kanada.

Terumbu karang perairan dingin mencakup beragam hewan laut, seperti karang kipas, spons, cacing, bintang laut, krustasea, dan berbagai jenis ikan sehingga mereka sangat penting bagi keberagama­n laut. Dalam dua dekade terakhir telah terjadi banyak penelitian mengenai ekosistem terumbu karang perairan dingin, kerentanan mereka terhadap perubahan alam, dan daya tahan rendah terhadap campur tangan manusia.

Dr. Kerry Howell dari Universita­s Plymouth mengatakan, “Ini kali pertama saya melihat spons karang seperti ini dalam 20 tahun meneliti laut dalam Atlantik Timur Laut. Ini penemuan penting. Spons berperan penting dalam ekosistem laut, seperti menyediaka­n habitat bagi hewan lain dan sebagai pendaur ulang nutrisi. Mereka juga mungkin bisa menjadi sumber obat antibiotik. Data terbaru ini akan membantu kita memahami di mana dan mengapa karang ini muncul.”

 ??  ?? BAWAHBinta­ng lautGorgon­ocephalus adalah jenis makhluk yang hidup di laut dalam dan dingin.
BAWAHBinta­ng lautGorgon­ocephalus adalah jenis makhluk yang hidup di laut dalam dan dingin.

Newspapers in English

Newspapers from Australia