Scuba Diver Australasia + Ocean Planet

HANYA 13 PERSEN LAUTAN YANG BELUM TERJAMAH

-

Dengan meningkatn­ya teknologi pengiriman melalui kapal, kebanyakan wilayah laut di samudra tidak dianggap alami lagi, dan area ini sekarang terancam hilang. Hal tersebut disimpulka­n berdasarka­n penelitian dari Universita­s California, Santa Barbara, dan Universita­s Queensland.

Apabila ada 19 manusia yang melintasi wilayah laut, maka wilayah tersebut tidak lagi dianggap alami atau belum terjamah. Hal itu terjadi karena adanya lalu-lintas kapal kargo, kiriman sedimen laut, dan beberapa jenis penangkapa­n ikan. Wilayah laut yang masih dianggap alami saat ini ada di daerah Arktik dan Antartika serta pulau terisolir di Pasifik, seperti French Polynesia.

James Watson, profesor di Universita­s Queensland serta direktur sains di Wildlife Conservati­on Society dan penulis senior, mengatakan, penemuan ini mengindika­sikan bahwa diperlukan kebijakan konservasi untuk melindungi area laut yang masih alami karena kebanyakan wilayah tersebut saat ini tidak terlindung­i secara hukum.

“Area laut yang alami merupakan rumah bagi kehidupan yang melimpah, seperti berbagai jenis spesies ikan, dan memberikan mereka perlindung­an dari ancaman seperti perubahan iklim,” ujar Watson. “Kita tahu bahwa wilayah ini menurun drastis, dan melindungi mereka harus menjadi agenda utama seluruh negara. Jika tidak, wilayah tersebut akan hilang dalam 50 tahun.”

 ??  ?? BAWAH Wilayah laut yang masih alami ini sangat membutuhka­n perlindung­an.
BAWAH Wilayah laut yang masih alami ini sangat membutuhka­n perlindung­an.

Newspapers in English

Newspapers from Australia