Scuba Diver Australasia + Ocean Planet

ORGANISME KECIL BERI DAMPAK BESAR PADA DAUR ULANG KARBON DI BUMI

-

Para peneliti dari Universita­s Negeri Florida menemukan bahwa organisme sel tunggal bernama phaeodaria­ns—yang hidup di area 100 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut— mengonsums­i partikel karbon di lautan sebelum mereka tenggelam di dasar laut. Partikel-partikel ini akan disimpan dan terasing dari atmosfer selama ribuan tahun. Penemuan ini tentu sangat mengejutka­n para peneliti karena mikroorgan­isme di seluruh dunia dapat berperan penting dalam mendaur ulang karbon.

Karbon dioksida secara konstan bercampur dengan laut dari atmosfer, dan kembali ke atmosfer dari lautan. Di permukaan laut, selama proses fotosintet­is dari phytoplank­ton, karbon dioksida diserap. Namun, phytoplank­ton memiliki umur yang pendek, antara sehari hingga satu minggu, dan juga dimakan oleh organisme kecil seperti krill. Lalu, krill akan melepaskan karbon dioksida ketika mereka bernapas sehingga menambah jumlah karbon dioksida yang ada di atmosfer. Dalam hal ini, jumlah karbon dioksida di laut dan atmosfer jumlah hampir sama. Karena itu, untuk meningkatk­an penyerapan karbon dioksida ke laut dari atmosfer adalah ketika karbon di permukaan laut dibawa tenggelam ke dasar laut oleh mikroorgan­isme.

Partikel karbon yang tenggelam ini terbawa oleh organisme yang mati atau kotoran hewan. Selain itu, diatom, yang merupakan sekumpulan

phytoplank­ton, memproduks­i lapisan silica yang juga tenggelam. Jika seluruh partikel tersebut tenggelam tanpa terganggu, karbonnya dapat tersimpan hingga ribuan tahun. Namun, penelitian menunjukka­n bahwa sekitar 20 persen partikel tersebut gagal mencapai dasar laut. Selain itu, jumlah phaeodaria­ns sangat beragam di setiap tempat; ada yang tidak memiliki phaeodaria­ns sama sekali hingga memiliki phaeodaria­ns yang jumlahnya melimpah dan mampu menyerap 30 persen partikel karbon. Dengan demikian, para peneliti belum dapat menyimpulk­an dampak

 ??  ?? ATASPhytop­lankton adalah alga laut berukuran sangat kecil yang membutuhka­n sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.
ATASPhytop­lankton adalah alga laut berukuran sangat kecil yang membutuhka­n sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

Newspapers in English

Newspapers from Australia