CROWN (Indonesia)

CAROLE KASAPI

Movement Director TAG Heuer berbagi pandangan tentang peran wanita dalam industri jam tangan mekanis, serta kesinambun­gan antara legasi dan inovasi

-

Intrikasi di balik jam tangan mekanis dan craftsmans­hip dalam pembuatan movement penuh presisi selalu mengundang decak kagum saya. Apalagi saya bertumbuh besar dalam keluarga pencinta jam tangan yang pernah bekerja di sebuah lokakarya restorasi di Paris. Inilah yang memercik rasa ingin tahu saya untuk pertama kalinya dan membuka jalan untuk mengeksplo­rasi industri horologi lebih jauh.

Saya telah menyaksika­n dampak-dampak positif yang

dihasilkan oleh wanita di dunia horologi. Kini, lebih banyak wanita yang terlibat secara aktif dalam berbagai aspek pembuatan jam tangan. Namun, masih ada ruang untuk kemajuan agar dapat mencapai kesetaraan dan keseimbang­an sepenuhnya. Inisiatif seperti Élargis tes Horizons Genève (organisasi yang menaungi kelas Masterclas­s binaan Carole) pun berperan penting dalam memberdaya­kan para wanita untuk berkarier di industri pembuatan jam tangan.

Menjadi seorang wanita di industri yang didominasi oleh

pria tentu saja memiliki tantangann­ya sendiri. Terutama dengan segala tuntutan yang mendorong kami untuk terus melakukan lebih. Akan tetapi, saya percaya bahwa diversitas dan perspektif berbeda sangatlah krusial untuk mengoptima­lkan inovasi dan kemajuan. Kini saya hanya ingin unjuk keterampil­an—tanpa memedulika­n stereotipe gender—dan memperoleh pengakuan yang sudah sepantasny­a didapatkan dalam industri pembuatan jam tangan.

Kreasi eksklusif untuk ajang Only Watch menjadi tonggak

pencapaian yang amat berarti bagi saya. Menurut saya, karya tersebut adalah yang paling representa­tif atas keahlian dan wawasan saya dalam pembuatan jam tangan. Khususnya dengan rattrapant­e movement yang mendefinis­ikan ulang konsep chronograp­h. Ini adalah wujud komitmen saya terhadap presisi dan keunggulan teknis. Menurut saya, pembuatan jam tangan bukanlah sebuah profesi semata, namun juga karya seni. Setiap iterasi memberikan saya tujuan dan kebahagiaa­n lebih dalam menjalani pekerjaan. Sebagai contoh, begitu banyak pihak—dengan kepiawaian luar biasa—yang terlibat saat mengkreasi­kan TAG Heuer Monaco edisi Only Watch. Saya pun berkesempa­tan untuk bertukar wawasan dengan mereka, sehingga dapat menghasilk­an kreasi yang begitu distingtif. Inovasi dan kreativita­s adalah dua hal yang ingin saya bawa ke TAG Heuer untuk mendorong batasan pembuatan jam tangan mekanis. Tentunya ini saya lakukan sembari mempertaha­nkan legasi sang brand yang berfokus terhadap presisi dan keunggulan.

Terdapat banyak pengembang­an yang patut diantisipa­si

dalam rilisan TAG Heuer di tahun mendatang. Kami akan bereksplor­asi dalam hal teknologi movement dan tren keberlanju­tan. Anda juga akan melihat perpaduan antara tradisi dan modernitas yang terbentuk dari histori TAG Heuer dalam dunia pembuatan jam tangan. Hal ini disertai dengan perencanaa­n strategis—dan ambisius—untuk menghasilk­an rilisan-rilisan memukau di masa mendatang.

Pembuatan jam tangan bukanlah sebuah ilmu eksakta

nan konkret. Setiap movement yang baru dikembangk­an selalu memiliki implikasi tersendiri. Penting bagi kami untuk mengawasi prosesnya secara hati-hati untuk memastikan efisiensi dan kualitas dari hasil akhirnya.

Keberlanju­tan adalah poin yang sangat penting bagi TAG

Heuer. Mulai dari pengembang­an berlian buatan laboratori­um, movement Solargraph, hingga menyediaka­n garansi 5 tahun untuk setiap produk. Inilah cara TAG Heuer menerapkan keberlanju­tan sekaligus inovasi dan keunggulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from France