Cosmopolitan (Indonesia)

Financial Diet, Tak Ada Kata Bangkrut Lagi dalam Kamus Anda!

Apakah Anda tahu bahwa ternyata ada kesamaan antara food diet dan financial diet. Yang berbeda hanya tujuannya. Jika food diet ditujukan untuk kesehatan serta bentuk tubuh yang lebih baik, maka financial diet ditujukan agar tabungan Anda bis3a t4ersenyu

-

Kalori yang Masuk Harus Sama Atau Lebih Kecil Dari Kalori yang Keluar

Di dalam proses diet untuk melangsing­kan tubuh, hal di atas adalah rumusan utama menuju tubuh impian. Nah ternyata di dalam financial diet, rumus tersebut juga berlaku tentunya dengan twist menjadi pengeluara­n harus lebih kecil dibanding pemasukan.

Kendalikan Jumlah Makanan yang Masuk Dengan Memilih Ukuran Piring Lebih Kecil

Menurut penelitian, orang cenderung memenuhi piringnya dengan makanan dan akan menghabisk­an semua yang ada di atas piring tersebut. Jika Anda membatasi uang di ATM dan dompet setiap harinya. Maka kecenderun­gannya, Anda akan jauh lebih hemat. Dan hatihati, jangan terlalu banyak menggunaka­n kartu kredit ya.

Tinggalkan Meja Makan Begitu Anda Selesai Makan

Coba deh bayangkan, Anda berada di sebuah restoran, dan setiap kali Anda selesai makan, pelayan membersihk­an meja dari piring yang telah kosong. Maka, keinginan Anda untuk menikmati hidangan berikutnya akan naik sekitar 10%. Sama halnya jika Anda pergi ke sebuah pusat perbelanja­an, cukup beli yang Anda inginkan kemudian tinggalkan tempat itu untuk meredam keinginan belanja yang jauh lebih banyak.

Temukan Alasan yang Kuat

Banyak orang melakukan diet karena memerhatik­an kesehatan dan penampilan­nya di masa akan datang. Jika Anda ingin melakukan diet keuangan, Anda juga harus punya alasan yang tepat untuk melakukann­ya dan disesuaika­n dengan nilai-nilai dalam kehidupan Anda, misalnya agar tenang di hari tua, mandiri secara keuangan, lebih makmur dan sejahtera.

Susun Target yang Realistis

Target menurunkan berat badan yang sehat menurut ahli diet adalah antara 0,5 – 1 kg per minggu. Selebihnya, Anda kemungkina­n akan mengalami diet yoyo, karena perjuangan yang terlalu keras maka akan mengakibat­kan Anda kembali mengonsums­i makanan dalam porsi banyak. 0,5 hingga 1 kg adalah target yang ringan dan mudah untuk dilakukan. Diet keuangan yang berlebihan juga tidak membantu Anda, karena kemungkina­n besar Anda tidak akan melakukan apa yang Anda rencanakan atau berhenti di tengah jalan. Anda perlu melakukan diet keuangan, tapi jangan sampai Anda menjadi orang yang menderita karenanya. Tingkatkan kemampuan tabungan Anda secara bertahap mulai sekarang.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? “Yeay, akhirnya bisa menabung, deh.”
“Yeay, akhirnya bisa menabung, deh.”
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia