Chill and Heal

Aargh, pekerjaan di kantor lagi-lagi membuat stres? Tak apa, Cosmo punya 5 cara super cepat untuk menenangkan pikiran Anda. Time to get you back to your happy place.

Cosmopolitan (Indonesia) - - CONTENTS -

Close Your Eyes

Walaupun sebenarnya ditujukan untuk anak kecil, tapi tip ini masih jitu untuk mengatasi stres bagi orang dewasa. Lauren Brukner, pengarang The Kids’ Guide To Staying Awesome And In Control menulis bahwa menutup mata sambil mengatupkan kedua tangan seperti pada posisi yoga selama lima belas menit bisa menurunkan tingkat stres dalam sekejap. Hal ini terjadi karena gerakan tersebut memberikan stimuli bahwa tubuh membutuhkan ketenangan.

Breathe

Tutup mata Anda, lalu letakkan kedua tangan di atas perut. Secara perlahan, tarik napas perut dalam-dalam sebanyak lima kali. Gerakan relaks tersebut akan diterima oleh otak sebagai tanda bahwa tubuh Anda tak lagi menerima “ancaman” dari luar. Hal ini akan menurunkan adrenalin dan kortisol yang mengalir pada sistem tubuh sehingga gerakan jantung akan kembali normal.

Bend Over

Berdiri, lalu tanpa menekukkan kedua kaki, raih kaki Anda dengan kedua tangan sambil membungkukkan badan. Kemudian pindahkan posisi tangan dengan menyentuh kedua siku. Dalam yoga, gerakan ini disebut dengan rag doll pose. Nicole Walsh, co-founder Inyoga Studio mengatakan bahwa gerakan ini memberi tubuh respons parasimpatetik yang membuat oksigen turun ke otak dan membuat sistem saraf berada pada posisi paling relaks. Gerakan ini juga bisa membantu penderita insomnia tidur lebih cepat.

Meditate

Lauren Godfrey dari Lotus Meditation Centre memberikan satu tip: “Cari tempat yang nyaman untuk duduk. Tutup kedua mata Anda, lalu ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Ulangi hal ini sampai jantung berdetak normal. Jika pikiran Anda masih dipenuhi dengan hal-hal yang mencemaskan, dear that’s normal! Fokuskan kembali diri Anda pada detak jantung dan biarkan pikiran yang carut marut itu menghilang dengan sendirinya.

Move Around

Berolahraga dapat menghasilkan endorfin – yang sangat berguna untuk membuat sistem imun bertambah banyak dalam sekejap, menambah nafsu makan dan membuat mood Anda membaik seketika. Damien Kelly, seorang pelatih fitness dari Australia, memberi beberapa gerakan singkat yang bisa melepas stres: berlarilah sejauh 200 meter, lakukan squat sebanyak 30 kali, plank selama 30 detik, dan terakhir step-ups sebanyak 30 kali. Ulangi set ini sebanyak tiga kali. Stres? Nah, you’re okay now.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.