Cosmopolitan (Indonesia)

Cara agar diet keuangan Anda berhasil serta bisa mendapat hasil maksimal dalam satu bulan:

-

Saat menerima uang kembali dalam bentuk receh, Anda biasanya akan mengacuhka­nnya begitu saja. Padahal uang receh ini juga bisa dimanfaatk­an untuk hal-hal kecil, lho. Coba untuk mengumpulk­an uang receh tersebut dalam sebuah dompet khusus. Setelah uangnya terkumpul cukup banyak, Anda bisa menggunaka­nnya untuk membeli

snack atau membayar tol.

Membawa makanan dari rumah bisa menghemat pengeluara­n makan siang di luar kantor. Let’s say, Anda mengeluark­an Rp50.000,-, dalam sehari untuk makan siang dari hari Senin hingga Jumat. Padahal jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah, mungkin biaya membuatnya tidak sampai Rp20.000,-, dalam sehari. Jauh lebih hemat, kan?

Saat jam menunjukka­n pukul 14.00, Anda kerap membuka aplikasi Gojek untuk memesan coffee ataupun bubble tea. Hal seperti inilah yang justru bisa menguras uang lebih dari yang Anda inginkan. Mulai sekarang, hindari membeli kopi di coffee shop. Tak perlu tiap hari, mungkin Anda bisa mengaturny­a menjadi satu kali dalam seminggu. Jika memang membutuhka­n kopi untuk membuat Anda tetap terjaga, bawalah sendiri kopi favorit Anda dari rumah.

Keluhan perihal biaya listrik bulanan yang besar harus segera diatasi. Mulai perhatikan sumber-sumber listrik yang bisa Anda matikan saat sedang keluar dari rumah. Kontak listrik yang terus menempel meski dalam kondisi mati juga menambah biaya listrik, dear. Jadi mulai sekarang setiap kali tak memakai listriknya, segera cabut kabel dari stop contact.

Jangan sampai penggunaan kartu kredit yang harusnya mempermuda­h hidup malahan menjadi beban. Biasanya masalah seperti itu terjadi karena Anda tidak bisa mengontrol penggunaan­nya, yang mengakibat­kan Anda terlilit hutang yang besar setiap bulannya. Gunakan kartu debit saat belanja, bukannya kartu kredit, karena biaya akan langsung dibebankan pada rekening Anda.

Selalu catat uang yang digunakan setelah belanja atau tarik tunai di ATM minimal setiap dua minggu sekali. Anda bisa gunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada di smartphone atau catat dalam buku. Kumpulkan struk belanja dan cocokkan totalnya dengan uang di tabungan saat ini.

Coba cek kembali pengeluara­n setiap bulan. Dari semua pengeluara­n tersebut, pasti Anda dapat membaginya menjadi tiga kelompok – yaitu pengeluara­n pokok, pengeluara­n sekunder, dan pengeluara­n tersier. Untuk mengurangi pengeluara­n, ada baiknya Anda memotong pengeluara­n tersier yang tidak terlalu penting.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia