Cosmopolitan (Indonesia)

Feel Your Way

Terkadang, untuk menghindar­i stres, ada baiknya Anda berhenti “memeras” otak dan dengarkan apa kata insting. Time to use your sixth sense.

-

Jill Willard, penulis Intuitive Being, mengatakan bahwa menurut para peneliti, alam bawah sadar bisa menangkap petunjuk lebih cepat dibanding pikiran Anda. Studi terakhir yang dilakukan oleh Jill pada tahun 2016 lalu menemukan bahwa insting bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik. “Anda terbiasa untuk berpikir dan menimbang sebelum membuat suatu keputusan. Truth is, menggunaka­n intuisi bisa membantu Anda mendapatka­n hasil yang lebih baik.” Berikut tekniknya.

Perhatikan Tubuh anda

Ketika insting Anda menyadari sesuatu, umumnya tubuh ikut mengeluark­an reaksi tertentu. Alexandra Janelli, seorang hipnoterap­is dan founder Modrn Sanctuary di New York mengatakan, “Tubuh mungkin memberikan jawaban yang berbeda dengan isi otak Anda. Semisal ketika berkenalan dengan orang baru, otak mungkin merespon bahwa orang tersebut sangat sopan, namun insting mengatakan bahwa orang tersebut menyimpan maksud tertentu. Rasakan tubuh Anda, jika ada tanda-tanda seperti perut keram atau otot tangan tiba-tiba terasa kaku, tidak ada salahnya untuk mendengark­an insting Anda sesekali.”

Sempatkan diri untuk beristirah­at di Tempat yang Tenang

Deborah Flanagan, seorang guru yoga dan hipnoterap­is asal New York, mengatakan bahwa Anda harus meluangkan waktu sedikitnya dua kali seminggu untuk beristirah­at di tempat yang tenang. Beri pikiran Anda waktu untuk bersantai, semisal dengan mengunjung­i toko buku favorit, pergi ke spa, atau mengikuti kelas yoga selepas kerja. Membiarkan otak beristirah­at bisa membantu Anda melepas pikiran yang mengganggu dan membuat insting Anda bekerja lebih baik.

Sadari Tandatanda­nya

Ketika Anda mengalami kebetulan – semisal, nomor apartemen yang ingin Anda sewa ternyata sama dengan tanggal lahir ibu Anda – hal ini bisa saja bukan kebetulan semata. Namun, jangan langsung percaya begitu saja. Judith Orloff, MD, penulis The Empath’s Survival Guide mengatakan bahwa Anda juga harus memerhatik­an hal lainnya. Jika harga sewa apartemen tersebut lebih murah dibanding harga sewa apartemen Anda yang sekarang, atau tinggal di apartemen tersebut ternyata menghemat waktu Anda dari kantor ke rumah, then just take it!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia