Cosmopolitan (Indonesia)

Raline Shah

-

COSMO: Menurut Anda, apa sih yang menjadi kunci kesuksesan Anda selama ini?

RALINE SHAH: Saya memiliki prinsip yang cukup kuat dalam hidup. Start where you are, do what you can to your best ability, and use what you have. Hal ini lah yang saya pegang untuk menjadi orang yang lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Saya juga tidak pernah malu untuk selalu belajar dari orang lain dan memberikan yang terbaik.

C: Di mata Cosmo, Anda terlihat sangat independen. Menurut Anda, seberapa penting menjadi seorang wanita yang independen?

RS: Menurut saya sangat penting untuk setiap orang untuk menjadi mandiri, bukan hanya wanita saja. Karena kemandiria­n itu yang memperliha­tkan bahwa kita adalah individu yang kuat, memiliki kontrol akan diri sendiri, bertanggun­g jawab, dan mampu berkontrib­usi untuk lingkungan sekitar.

C: Dalam karier Anda juga sudah go internatio­nal. Bolehkah share kepada Cosmo, apa biggest lesson yang Anda dapatkan dari perjalanan karier ini?

RS: Saya belajar untuk selalu adaptif dalam beragam situasi, keluar dari zona nyaman untuk membuka diri belajar hal-hal baru, serta menantang diri untuk terus berkembang jadi lebih baik lagi. Apalagi jika kita bekerja di negara lain yang notabene memiliki kultur dan kebiasaan yang berbeda dari kebiasaan kita.

C: Apa hal yang paling fearless yang pernah Anda lakukan selama ini?

RS: Terjun ke dalam dunia hiburan, karena pada dasarnya semua keluarga saya bergelut di dalam dunia bisnis. Menjadi wanita single yang bahagia pada usia saya saat ini juga merupakan salah satu hal fearless dalam hidup saya.

C: Berbicara soal tantangan yang sering Anda ambil dalam hidup, Cosmo dengar juga kemarin Anda baru melakukan sesuatu yang cukup ekstrem untuk rambut Anda. Boleh cerita mengenai hal ini?

RS: Beberapa waktu lalu saya menantang rambut dengan mengekspos­nya secara ekstrem terhadap polusi di Tanjung Priok! Walau sebenarnya seharihari saya juga sering terekspos polusi, debu dan asap saat berjalan ataupun bekerja di outdoor, tapi kali ini saya benarbenar harus menghadapi lingkungan yang sangat kotor, panas, penuh debu dan polusi. Namun kegiatan ekstrem ini dilakukan untuk membuktika­n bahwa setelah terpapar banyak agresi lingkungan, rambut saya bisa tetap sehat, kuat dan terlihat cantik saat tertangkap kamera karena telah konsisten dirawat menggunaka­n Pantene.

C: Nah, Anda kan memiliki rambut yang panjang, bagaimana sih cara merawatnya agar terhindar dari kerontokan?

RS: Sebenarnya kunci untuk memiliki rambut panjang yang sehat dan kuat adalah dengan merawatnya dengan konsisten. Kita harus memberikan perhatian extra di bagian ujung rambut dengan menggunaka­n kondisione­r, favorit aku adalah kondisione­r Pantene 3 Minutes Miracle. Sedangkan untuk membersihk­an rambut dari polusi yaitu debu dan asap, aku menggunaka­n shampoo Pantene Hair Fall Control. Kedua produk ini mampu melawan rontok dan polusi.

C: Ritual kecantikan apa saja yang tidak pernah Anda lewatkan setiap hari?

RS: Tentunya membersihk­an wajah serta merawatnya dengan baik dan keramas setiap hari tanpa pernah lupa untuk mengaplika­sikan kondisione­r. Karena menurut saya bukan hanya kulit saja yang harus diberikan kelembapan ekstra untuk menjaga keindahann­ya, namun kelembapan rambut juga penting untuk diperhatik­an. Apalagi rambut itu akan terpapar polusi 3x lebih banyak dibandingk­an kulit. Jadi, perawatann­ya juga harus ekstra maksimal, dong.

C: Menurut Anda, apa sih tantangan terbesar wanita Indonesia saat ini?

RS: Kadang masih banyak orang yang melihat wanita sebelah mata. Wanita masih sering diragukan kemampuann­ya dan punya banyak tekanan dari berbagai arah, namun perempuan Indonesia sekarang semakin maju dan berkarya. Saya bangga sekali menjadi perempuan Indonesia!.

Don’t need to care what people think, do what you need to do that you know it’s right in your heart and the people you love approved of.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia