Taco Beef Carnitas

Cara menjadi Mexicano tanpa harus menjadi kartel

FHM (Indonesia) - - Access -

CHEF ODIE SAYS...

“Bahan-bahan untuk menu yang satu ini memang tergolong banyak, tapi bukan berarti susah memasaknya. Taco merupakan sajian khas Meksiko yang sudah sangat terkenal di belahan dunia manapun, dan biasanya taco di sajikan saat ada acara kumpulkumpul dengan teman. Jadi kalau ada acara nonton bola bareng di rumah Anda, maka taco-lah jawabannya.”

01

Langkah pertama adalah membuat beef carnitas terlebih dahulu. Potong striploin setebal 1,5 - 2 cm, lalu masukkan striploin ke dalam sebuah wadah yang telah disiapkan. Setelah itu masukkan garam, lada putih, jinten bubuk, kayu manis bubuk oregano, dan sedikit minyak goreng. Ketika semuanya sudah tercampur, aduk hingga bumbubumbu tersebut merata ke seluruh bagian striploin. Setelah tercampur rata, pindahkan striploin ke wadah yang lain, lalu tutup striploin dengan lemak. “Proses ini namanya confit, yaitu memasak daging dengan tidak menggunakan minyak melainkan dengan lemak dari daging itu sendiri” jelas Chef Oddie. Setelah itu, panggang striploin dalam oven sekitar 30-40 menit pada temperatur 200°C.

02

Sambil menunggu beef carnitas-nya matang, siapkan tomat, paprika hijau, dan bawang bombai. Setelah itu, potong ketiga bahan tersebut sebesar dadu. “Campuran tiga bahan ini biasanya disebut dengan salsa.” Setelah memotong ketiga bahan tersebut, siapkan kol merah, wortel, dan jagung sebagai bahan dressing untuk taco. Parut wortel dan iris kol merah tipis-tipis, setelah itu pindahkan wortel dan kol merah ke dalam sebuah wadah. Siapkan jagung, lalu olesi sedikit mentega dan berikan juga sedikit garam dan merica, setelah itu bakar jagung tersebut sekitar 2 menit. Setelah membakar jagung, potong biji jagung tersebut dan pindahkan ke dalam sebuah wadah.

03

Setelah membuat salsa dan dressing-nya, langkah selanjutnya adalah membuat saus chimichurri. Potong bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Setelah itu masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender lalu tambahkan garam, merica, minyak, chipotle, dan oregano. Setelah semuanya tercampur, blender hingga halus sekitar 1,5-2 menit. “Hasil blenderan bahan-bahan tadi adalah chimicurri. Sama seperti pesto Italia namun chimichurri terkenal di daratan Amerika Latin.” Setelah membuat chimichurri, siapkan tortilla untuk dipanaskan di wajan datar. Panaskan tortilla kurang lebih sekitar 2 menit, setelah itu susun tortilla-nya dalam sebuah piring.

04

Keluarkan beef carnitas yang sudah terpanggang sekitar 30 menit dari oven. Setelah itu, pindahkan beef carnitas ke sebuah wajan lalu tumis sekitar 3 menit. Setelah semuanya matang, sekarang susun taco-nya; taruh tortilla di atas piring, masukkan parutan wortel, kol merah, beef carnitas, salsa, chimichurri, lalu taburkan potongan jagung, potongan ketumbar dan acar bombai. Selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.