Healthy Heart, Healthy Life

AKSI KOLABORASI SENI DAN GAYA HIDUP DEMI JANTUNG SEHAT BERSAMA YAYASAN JANTUNG INDONESIA. OLEH POPPY SEPTIA

Harper's Bazaar (Indonesia) - - Contents -

Masih berada di lokasi yang sama yakni The Ritz-carlton Jakarta, Pacific Placegelaran seni terbesar Art Jakarta 2018 turut menghadirkan sebuah talkshow bertajuk Healthy Heart and Being Fit pada tanggal 3 Agustus 2018 lalu. Setiap tahunnya Art Jakarta selalu mengajak komunitas besar atau yayasan nirlaba untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana. Tahun ini yang digandeng ialah Yayasan Jantung Indonesia (YJI). Talkshow sekaligus afternoon tea ini dimoderatori oleh selebriti yang juga pernah menjadi duta YJI, Susan Bachtiar. Narasumber yang hadir adalah Scott Brown, Vice President of Fitness & Operation Gold’s Gym, Aqil Prabowo, seniman berusia 13 tahun dengan disleksia, dan presenter acara televisi Ayo Hidup Sehat, dr. Vito A. Damay, Spjp (k)fiha, Fica, Mkes. Scott Brown dan dr. Vito mengulas lengkap tentang trik tetap bugar untuk mereka yang sibuk, mulai dari olahraga yang tepat di antara padatnya pekerjaan, olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung, waktu olahraga yang ideal, beragam hal yang dapat memicu hadirnya penyakit jantung, hingga pentingnya makanan sehat dan memeriksakan kondisi jantung secara rutin. Sementara Aqil Prabowo, narasumber termuda yang kisah hidupnya pernah diangkat menjadi film layar lebar berjudul Wonderful Life, menceritakan bahwa olahraga dan melukis merupakan terapi yang baik terkait disleksia yang ia miliki. Managing Director ZEN Fine Tableware Indoporcelain, Vivi Anggara, berhalangan hadir kala itu dan diwakilkan oleh Dedy Koswara selaku Marketing Communication MRA Media, yang menjelaskan tentang kolaborasi antara ZEN dengan Art Jakarta dan YJI. Aqil Prabowo dan empat seniman lukis kontemporer lainnya seperti Sony Irawan, Pikou Iabadiou, Ronald Apriyan, dan Arief

Rahman, telah berkontribusi menciptakan karya indah untuk porselen ZEN, yang hasil penjualannya kemudian diberikan kepada YJI guna membantu pengobatan dan perawatan anak-anak dengan penyakit jantung bawaan dari keluarga kurang mampu. Keterlibatan Yayasan Jantung Indonesia dalam Art Jakarta adalah untuk merangkul para komunitas pencinta seni, pelaku seni, kolektor, serta seluruh pengunjung, untuk lebih meningkatkan kesadaran pentingnya hidup sehat dan waspada terhadap risiko penyakit jantung, salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Sesi tanya jawab dalam talkshow berlangsung hangat dan para pengunjung juga berkesempatan menikmati pemeriksaan tekanan darah dan gula darah yang diberikan secara cuma-cuma. Hadir pula sederet perempuan profesional dan entrepreneur muda sebagai host dari Go Red for Women, sebuah kampanye global tentang pentingnya kesadaran perempuan terhadap bahaya penyakit jantung sebagai penyebab kematian terbesar di kalangan perempuan. Mereka adalah Mita Soedarjo, Winda Malika Siregar, Nadia Sukirno, Anandita Makes, Ayla Dimitri, Kristi Syarfuan dan Vannya Istarinda. Seluruhnya hadir dalam balutan T-shirt bertuliskan Sehat Itu Keren, sebuah hasil kerjasama YJI dengan Gold’s Gym yang dijual untuk tujuan penggalangan dana pula. Acara ini merupakan perpaduan beragam manfaat sekaligus menunjukkan bahwa seni bisa menyentuh ranah yang lebih luas dan beraksi bagi kemanusiaan. Pengunjung dan penikmat seni bukan hanya disuguhkan tentang keunggulan gaya hidup sehat, tetapi juga dapat saling menginspirasi dan memberi aspirasi sambil menggalang dana melalui pembelian karya atraktif.

SEARAH JARUM JAM: Aqil Prabowo menceritakan inspirasi di balik karyanya; Sita Satar; (dari kiri) Listia Prajogo, Ade Syarfuan dan Estherida Soelaiman.

Narasumber bersama para wanita inspiratif sebagai host dari Go Red for Women.

SEARAH JARUM JAM: Ayla Dimitri; Lukisan dapat diolah menjadi homeware yang bermanfaat bagi kegiatan sosial; Winda Siregar dan Susan Bachtiar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.