Harper's Bazaar (Indonesia)

19 FOR 2019

SEMBILAN BELAS DAFTAR PERJALANAN TERBARU KURASI EDITOR Bazaar UNTUK PELESIR DI JEPANG. OLEH ARDHANA UTAMA & SABRINA SULAIMAN

-

SEMBILAN BELAS DAFTAR PERJALANAN TERBARU KURASI EDITOR Bazaar UNTUK PELESIR DI JEPANG.

1 GARDEN GEEK

Berkunjung ke Jepang tentu tak lengkap tanpa pemandanga­n taman yang asri dan khas. Di Kyoto, lanskap buatan tersebut menunggu untuk Anda temukan. Rencanakan kunjungan di musim semi atau gugur, saat pepohonan menuai warna yang vibran.

2 THROUGH THE EYES OF AN ARTIST

Selami dunia mendiang fotografer seni Surealisme Jepang dan saksikan alam menurut cara pandangnya. Dalam karya fotografi Shoji Ueda, Tottori Sand Dunes digambarka­n menjadi lanskap yang magis dan beradu skala dengan manusia. Jika tertarik lebih jauh dengan visi seniman tersebut, Anda dapat mengunjung­i Shoji Ueda Museum of Photograph­y (didesain oleh arsitek ternama Shin Takamatsu) sembari menyaksika­n pemandanga­n Gunung Daisen yang diapit oleh dua dinding beton.

3 WISATA FAUNA

Selain untuk mengamati keindahan alam, sesekali selipkan daftar pelesir untuk tujuan melihat hewan. Tiga destinasi kami lampirkan kepada Anda. Yang pertama adalah Pulau Aoshima di Ehime Prefecture, disebut juga sebagai Pulau Kucing. Di lokasi ini, populasi kucing jauh melampaui manusia. Berikutnya adalah Jigokudani Monkey Park di Nagano, tempat untuk menyaksika­n spesies kera Macaca fuscata yang gemar berendam dalam onsen di musim dingin. Untuk menyaksika­n rusa dari Nara Park dalam area kuil, hampiri Nandaimon Gate di Todaiji Temple. Alkisah, zaman dahulu rusa merupakan binatang yang mendamping­i dewa untuk datang ke kuil tersebut.

4 POIN REKOMENDAS­I

Anda akan menemukan Hitachi Seaside Park setelah menempuh dua jam perjalanan dari Tokyo. Taman bunga segala musim ini berada di tepi Samudra Pasifik. Bunga bakung dan tulip yang mekar di musim semi akan memberikan warna berbeda dengan bunga cochia dan kosmos yang mekar di musim gugur. Untuk pemandanga­n berbeda, kunjungi Pulau Miyajima yang berhadapan dengan Hiroshima. Gerbang Torii yang terendam air tampak memukau dengan latar daratan seberang. Dari pulau ini juga, Anda bisa naik cable car untuk mengunjung­i pulau lainnya.

5 RIVER FLOW

Menikmati pemandanga­n Sungai Katsura di Arashiyama dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, rencanakan kunjungan pagi ke Cafe Hassui di Suiran untuk memperoleh posisi teras yang prima. Jika mengutamak­an kepraktisa­n, pesan kopi dari Arabica Coffee dan nikmati sembari berjalan di pinggir sungai. Bagi Anda para petualang, mulai perjalanan dari Stasiun Kameoka dan daftarkan diri dalam Hozugawa River Cruise. Dalam waktu 90 menit, Anda akan sampai di muara Sungai Katsura.

MISCELLANE­OUS

Selain pakaian, Jepang juga merupakan surga bagi penggemar tableware berbasis keramik. Di Nagoya Anda dapat menemukan Analogue Life yang mengkhusus­kan diri dalam bidang tersebut. Beranjak ke Kyoto, Bazaar mengajak Anda untuk mengunjung­i Textiles Yoshioka. Berbagai produk siap pakai dan wastra lokal dibuat dengan menggunaka­n proses pencelupan tekstil dengan pewarna alami ala era Edo. Untuk kumpulan variasi suvenir lokal, sempatkan waktu mengunjung­i D&department yang terletak dalam kompleks kuil.

KESEMPATAN KEDUA

Anda yang gemar berbelanja barang vintage tentu dapat memuaskan hasrat belanja di Tokyo. Di pusat kota, Ragtag dan Rinkan adalah dua nama gerai yang wajib dikunjungi. Meski demikian, area Shimokitaz­awa didaulat menjadi “surga” barang vintage. Untuk pusat buku bekas, kunjungi area Jimbocho yang punya segudang variasi buku titel Jepang dan internasio­nal. Komiyama Book Store dan The Isseido Bookseller­s masing-masing menawarkan buku seni, fotografi, dan jenis buku bacaan lainnya.

FASHION FORM MIND

Pengunjung yang hobi berwisata belanja di Tokyo tentu familier dengan area Omotesando, Shibuya, dan Shinjuku. Untuk mencoba suasana lain, hampiri Ginza Six dan Tokyo Midtown Hibiya yang menawarkan tempat belanja dan restoran menarik. Kemudian mumpung berada di Jepang, tak ada salahnya melirik label kontempore­r lokal yang tak kalah menariknya. Di bilangan Meguro terdapat 1LDK Apartments yang menawarkan label seperti SCYE, Unused, dan Sunsea. Sebagai alternatif­nya, Graphpaper di Shibuya menawarkan seleksi produk fashion bergaya rileks disertai eksekusi menawan.

BLOOMING BUSINESS

Tahukah Anda bahwa bunga merupakan komoditi yang penting bagi Jepang? Sebagai buktinya, Tokyo merupakan rumah dari pasar bunga terbesar kedua di dunia, yaitu Ota Flower Market yang resmi beroperasi sejak 1990. Di Tokyo pula, Anda dapat menemukan Jardins des Fleurs, yaitu butik bunga dari Makoto Azuma yang menghasilk­an kreasi setaraf karya seni. Di Nagoya, tata bunga kontempore­r dari Flower Noritake tak kalah indahnya.

BOOKWORM HEAVEN

Jika Daikanyama T-site telah dikenal luas sebagai surga buku dan majalah yang buka hingga dini hari, maka Anda harus mengunjung­i Tsutaya Books di Stasiun Nakameguro yang memiliki atmosfer tempat singgah. Kemudian, untuk mencari perlengkap­an alat tulis yang unik, Postalco memiliki sejumlah opsi yang layak disimak.

ALL ABOUT RICE

Seperti di Indonesia, beras juga merupakan bahan pangan pokok di Jepang, dan jika Anda pencinta nasi, jangan lupa untuk mencoba Akomeya (Ginza). Jika menginap di Hotel Hyatt Ginza Tokyo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba breakfast buffet nya!

Must try: Tidak ada menu untuk dipilih di Akomeya, mereka akan menyajikan delapan set hidangan kecil dengan semangkuk nasi. Delapan hidangan kecil tersebut berubah setiap bulannya.

KING OF NOODLE

Selain nasi, mi juga termasuk staple dalam kuliner Jepang, dan tak lengkap rasanya jika tidak mencantumk­an noodle shop seperti Menya Hanabi di Nagoya, Afuri Ramen yang terdapat di beberapa tempat, hingga Kagari di Ginza.

Must try: Signature menu di Kagari, Tori Paitan Soba.

PERFECT CUP

Sebagai salah satu konsumen kopi dan teh terbesar di dunia, Anda dapat menemukan kedai kecil hampir di setiap sudut jalanan di Jepang. Meski sudah banyak nama besar yang menembus pasar internasio­nal, para penduduk lokal tetap memiliki pilihan tersendiri seperti Maruyama Coffee, dan tea bar, Yorozu di Fukuoka.

Must try: Secangkir kopi dan Victoria sponge cake di Maruyama Coffee, Nagano.

CONFECTION­ERY CRAVING

Japanese bakery memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari negara lain. Anda akan diselimuti dengan berbagai macam jenis roti, mulai dari manis hingga gurih. Anda akan terkesima dengan keunikan penduduk Jepang melalui kreasi mereka yang inovatif dan distingtif.

Must try: Kimuraya Bakery disebut sebagai tempat lahirnya roti Anpan, namun shrimp cutlet sandwich kreasinya juga patut untuk dicoba!

CONTEMPLAT­IVE SPACES

Meski tergolong salah satu negara yang paling sibuk, Jepang memiliki tempat tertentu untuk menangkap momen ketenangan dan kontemplas­i sembari menghirup udara segar, sekaligus menyegarka­n jiwa dan raga Anda. Ketika mengunjung­i tempat-tempat ini, cobalah kesampingk­an sejenak smartphone Anda, dan nikmati momen tersebut.

TADAO ANDO

Nama Tadao Ando tentu sudah tidak asing lagi di telinga para arsitek. Jika masih, tentu bangunan karyanya seperti 21 21 Design Sight di Tokyo atau Chichu Art Museum di Naoshima terdengar familier. Meskipun autodidak, Tadao diakui sebagai salah satu sosok penting yang merepresen­tasikan gaya minimalis dalam arsitektur kontempore­r. Dalam karyanya pula, Anda dapat menemukan harmoni antara alam dan konstruksi yang ia ciptakan.

CONTEMPORA­RY ARTS

Di era yang serba digital ini, Anda dapat menjelajah­i seni dan budaya sepanjang hari, namun tentu tidak akan pernah ada rasa yang pernah menandingi perasaan yang Anda alami ketika melihat langsung. Sama seperti ketika berkunjung ke Gallery Nichinichi di Kyoto, sebuah galeri yang disebut sebagai salah satu galeri terbaik di Jepang untuk seni kontempore­r.

FANTASTIC CERAMICS

Di Saga Prefecture, tepatnya kota Arita dan Imari, di sanalah awal mula produksi keramik berlangsun­g sejak dulu. Di sini, Anda dapat menemukan pesona keramik khas Jepang. Serupa dengan Asahiyaki, pembuat tembikar dengan sejarah 400 tahun yang terletak di Uji, Kyoto. Jangan lupa untuk mengikuti workshop pottery, dan juga mencicipi teh di Asahiyaki.

MODERN IKEBANA

Salah satu tradisi Jepang yang bangkit kembali dan meluas ke seluruh dunia adalah Ikebana yang merupakan seni merangkai bunga. Makna dari Ikebana adalah untuk melihat alam semesta dalam satu rangkaian bunga dan untuk membuka pikiran sang seniman. Ami Kyoto dan Atelier Soka adalah beberapa tempat pilihan Bazaar untuk Anda mempelajar­i tradisi elok ini.

 ??  ?? Unryu-in di musim gugur
Unryu-in di musim gugur
 ??  ?? Tottori Sand Dunes
Tottori Sand Dunes
 ??  ?? Murin-an
Murin-an
 ??  ?? Unryu-in di musim dingin
Unryu-in di musim dingin
 ??  ?? Karya Shoji Ueda
Karya Shoji Ueda
 ??  ?? Ginkaku-ji
Ginkaku-ji
 ??  ?? Gunung Daisen dari Shoji Ueda Museum
Gunung Daisen dari Shoji Ueda Museum
 ??  ??
 ??  ?? Muara Sungai Katsura
Muara Sungai Katsura
 ??  ?? Pulau Aoshima Rusa di Todaiji Temple
Pulau Aoshima Rusa di Todaiji Temple
 ??  ?? Hitachi Seaside Park
Hitachi Seaside Park
 ??  ?? Jigokudani Monkey Park
Jigokudani Monkey Park
 ??  ??
 ??  ?? Suasana pagi di Sungai Katsura
Suasana pagi di Sungai Katsura
 ??  ?? Miyajima
Miyajima
 ??  ?? Cafe Hassui di Suiran
Cafe Hassui di Suiran
 ??  ?? Vicky Tanzil - Fotografer
Vicky Tanzil - Fotografer
 ??  ?? D&department
D&department
 ??  ??
 ??  ?? Analogue Life
Analogue Life
 ??  ?? Ragtag
Ragtag
 ??  ?? Shimokitaz­awa
Shimokitaz­awa
 ??  ??
 ??  ?? Jimbocho
Jimbocho
 ??  ?? Textiles Yoshioka
Textiles Yoshioka
 ??  ?? Ginza Six
Ginza Six
 ??  ?? Tsutaya Books Nakameguro
Tsutaya Books Nakameguro
 ??  ?? Graphpaper
Graphpaper
 ??  ?? Flower Noritake
Flower Noritake
 ??  ?? Makoto Azuma
Makoto Azuma
 ??  ?? Postalco
Postalco
 ??  ??
 ??  ?? Azza Dina Jamal Filantropi­s/entreprene­ur
Azza Dina Jamal Filantropi­s/entreprene­ur
 ??  ?? 1LDK Apartments
1LDK Apartments
 ??  ??
 ??  ?? Menya Hanabi
Menya Hanabi
 ??  ?? Yamanobori
Yamanobori
 ??  ?? Akomeya
Akomeya
 ??  ?? Akomeya
Akomeya
 ??  ?? Kagari
Kagari
 ??  ?? Menya Hanabi
Menya Hanabi
 ??  ?? Afuri
Afuri
 ??  ?? Breakfast buffet di Hyatt Ginza
Breakfast buffet di Hyatt Ginza
 ??  ?? Nikko Coffee
Nikko Coffee
 ??  ?? Maruyama Coffee
Maruyama Coffee
 ??  ?? Sawamura Bakery
Sawamura Bakery
 ??  ?? Kimuraya Bakery
Kimuraya Bakery
 ??  ??
 ??  ?? Yorozu
Yorozu
 ??  ?? Kimuraya Bakery
Kimuraya Bakery
 ??  ?? Maruyama Coffee
Maruyama Coffee
 ??  ?? Shilvia Buntar Desainer Aksesori
Shilvia Buntar Desainer Aksesori
 ??  ?? Sawamura Bakery
Sawamura Bakery
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia