Harper's Bazaar (Indonesia)

PERAN PERDANA

-

“Saya suka jaket Anda,” ujar Nicola Glass saat saya memasuki ruang kerjanya di kantor pusat Kate Spade. Saya memakai jaket oranye yang ditumpuk dengan vest bunga-bunga berpalet senada. Lalu, ia bercerita sedikit tentang ketertarik­annya terhadap art piece yang mempunyai unsur warna dan elemen yang atraktif.

Di koleksi keempatnya untuk musim Spring/summer 2020, hadir pula beragam palet warna dan motif bersifat pop, meski tema utamanya adalah City Safari, Nicola tetap menaruh sunrise color dan crochet sebagai aksen penunjang. Pergelaran modenya juga menyuguhka­n suasana yang baru. Ia mengangkat konsep diversity dan bebas berekspres­i, tempat model dan juga real women dengan ukuran tubuh, ras, serta umur yang beragam dipilih untuk melangkah di panggung runway. Saya pun berkesempa­tan untuk memberi sejumlah pertanyaan lebih detail mengenai behind the scene karier Nicola Glass di Kate Spade. Berikut perbincang­aan kami.

DEBUT DESAINER ASAL IRLANDIA UTARA, NICOLA GLASS SEBAGAI DIREKTUR KREATIF brand KATE SPADE MENJADI GUBAHAN PENCURI ATENSI. KEPADA MICHELLE OTHMAN IA MENCERITAK­AN PANDANGANN­YA.

HARPER’S BAZAAR (HB): Bagaimana Anda bergabung di

Kate Spade?

NICOLA GLASS (NG): Saya sangat antusias saat ditawari untuk bertanggun­g jawab menangani seluruh kategori produk sembari meneruskan visi yang sudah tertanam

di Kate Spade. Ditambah, label ini sangat kuat dengan kategori tasnya, walaupun rangkaian item yang hadir belum cukup beragam, namun handbag jelas menjadi produk intinya. Dengan latar belakang saya yang piawai dalam desain aksesori dan perhiasan, dari bekerja untuk Michael Kors selama 13 tahun, dan berlanjut di rumah mode Gucci, saya melihat banyak potensi ke depannya.

HB: Bisa dibilang ini adalah era baru untuk Kate Spade, strategi apa yang Anda terapkan untuk mempertaha­nkan permintaan klien sebelumnya seraya mencapai pasar baru? NG: Sejak awal saya bergabung dengan perusahaan, saya percaya bahwa Kate Spade adalah label yang sangat sukses dan betapa pentingnya untuk menemukan cara membawa pelanggan yang ada ke dalam perjalanan bersama kami sembari menarik perhatian konsumen baru. Ada siluet khas yang kita miliki, dan kita tahu benar bahwa itu disukai customer, seperti shirt dress yang versatile dan dapat dikenakan oleh ibu hamil atau cocok untuk wanita dengan ukuran tubuh apa pun. Jadi esensial untuk mengenakan desain itu. Lalu dalam pemilihan kain, banyak sekali penikmat bahan tweed dan lace yang kini kami olah dalam nuansa baru. Contohnya lace dress yang kita tahu selalu dicintai customer kita, mungkin di musim lalu kita menyuguhka­nnya dalam konstruksi klasik, sementara di musim ini, Anda akan melihat dalam wujud versatile yang lebih rileks. Kemudian di pergelaran mode yang berlangsun­g, salah satu ambassador lama kami, Anna Kendrick kembali lagi untuk menunjukka­n gayanya mengenakan koleksi baru. Jadi, kami tetap mencoba melibatkan loyal clients dalam perjalanan bersama Kate Spade.

HB: Seperti apa gaya personal Anda?

NG: Kombinasi dari tampilan feminin dengan sesuatu yang edgy. Sentuhan itu hadir salah satunya dalam gaya potongan rambut saya, terutama aksen shaved pada bagian bawah kepala. Atau seperti sekarang, saya sedang mengenakan dress bersiluet cantik dalam material kulit. Lalu saya accessoriz­ed it dengan bug ring dari show tadi (ia sambil menunjukka­n jari-jemarinya). HB: Menurut gambaran Anda, bagaimana cara perempuan memakai rancangan Nicola Glass?

NG: Saya lebih senang melihat cara mereka memadupada­nkan sesuai karakter gaya masing-masing. Berapa wanita yang jalan untuk show Spring/summer 2020 tadi bertanya kepada saya, tentang cara membawa tas Kate Spade di panggung. Dan saya menyerahka­n kepada pemakainya, senyamanny­a mereka menjinjing atau menyampirk­an komparteme­n tersebut. Pada kehidupan nyata, jarang sekali perempuan yang mengupdate seluruh lemari pakaiannya setiap musim, dan saya berharap banyak dari mereka yang dapat menemukan item dari koleksi Kate Spade lalu memakainya dengan cara yang berbeda.

HB: Jika Anda bisa memakai satu benda fashion seumur hidup, apakah itu?

NG: Cincin tunangan saya! Cincin ini memiliki arti istimewa dan saya juga terlibat dalam desain ini. Tentu pemberian ini penuh kejutan. Ini adalah batu antik dan dirancang oleh sahabat dekat saya.

HB: Apa filosofi hidup Anda?

NG: Ketika mengambil posisi ini saya memberi tahu seorang teman untuk mendengar sudut pandang yang berbeda. Di kala memutuskan sesuatu, terutama tentang karier, hal ini dapat menjadi sesuatu yang exciting atau menakutkan. Jadi perlu diingatkan untuk believe in yourself and just do it! Saya pikir ini menjadi suatu tantangan dan terkadang kalau Anda tidak melakukan sesuatu yang tidak mencekam, Anda tidak mendorong diri Anda untuk maksimal.

HB: Anda memiliki saudara kembar dengan hubungan yang sangat dekat. Apa saran terbaik yang pernah Anda dapatkan dari dia?

NG: Tadi pagi, sebelum show dimulai, saya menghubung­i kembaran saya, Tara. Dia berprofesi sebagai dokter dengan dunia yang sangat berbeda dari saya. Dia sangat tenang dan pragmatis, selalu bilang agar saya bisa tenang dan tidak khawatir. Sedangkan dunia mode begitu gila. Misalnya kemarin malam, tweed tote kami baru datang dan tim produksi kami salah meletakkan material serta pemotongan bahan. Sehingga seseorang dari tim kami bergegas melapisiny­a dengan cat di malam sebelum pergelaran, dan Tara tetap mengingatk­an saya untuk tetap tenang.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia