Harper's Bazaar (Indonesia)

KESEIMBANG­AN KOLABORASI

SESUAI DENGAN ANGKA TAHUN INI YANG MENGGAMBAR­KAN KESEIMBANG­AN, ADJIE SANTOSOPUT­RO BERHARAP KEBAHAGIAA­N, KESUKSESAN, KESEHATAN, DAN KEHIDUPAN DI TAHUN 2020 INI SEMAKIN SEIMBANG.

- OLEH DAVE HENDRIK

“Salam pembuka praktisi mindfulnes­s dan emotional healing,” ucap Adjie Santosoput­ro ketika bertemu saat menjadi tamu di acara radio saya. Tahun ini tahun keseimbang­an. Terasa nyata semangat keseimbang­an ini, terlebih lagi ketika saya menghadiri undangan Alleira yang sore itu memperkena­lkan koleksi CNY Alleira Kids hasil kolaborasi dengan Rosalindyn­ata Gunawan. Collab istilah pendek dari collaborat­ion yang kini sangat akrab di telinga, istilah yang konon berbaris sejajar dengan kaum milenial. Mereka paham kesuksesan akan lebih mudah diraih bila bekerja sama. Semangat yang sebenarnya sudah mendarah daging di budaya kita, kini tampil dengan kemasan istilah baru. Setiap orang pasti memiliki kemampuan menonjol yang berbeda, menyatukan kemampuan yang saling membutuhka­n pastilah akan menghasilk­an karya yang menarik. “Alleira memberikan kebebasan bagi saya sebagai desainer untuk bermain dengan warna dan motif batik yang mereka punya. Tantangann­ya adalah bagaimana membuat design tetap playful untuk anak-anak namun masih terlihat chic. Sejauh ini kolaborasi kami berjalan baik. Semua melakukan porsinya dengan baik. I am happy with it!” komentar Rosalindyn­ata sambil memperliha­tkan koleksinya pada saya.

Duduk manis menghadiri undangan luncheon kolaborasi dari Ciel, Jo Malone London, dan M.A.C, saya bertanya pada Hans Danial, food blogger pemilik akun instagram @eatandtrea­ts. Memiliki pengikut Instagram sebanyak 268.000 pastilah ajakan kolaborasi untuknya tidak sedikit, namun Hans mengaku sangat selektif memilih. Seleksi kolaborasi ia dasarkan pada intuisi. “Sebentar lagi aku akan collab untuk pertama kalinya, ditunggu ya!” Resep kolaborasi yang banyak dilakukan kini memang adalah mengganden­g digital star karena dengan popularita­snya mereka mampu menggerakk­an selera pasar. Sahabat saya, Hian Tjen membuktika­n hal ini ketika ia meluncurka­n koleksi special CNY berkolabor­asi dengan power couple influencer sisters, Kiki dan Anaz Siantar. Lebih dari 2.000 potong laku terjual dalam hitungan menit sesudah koleksi diperkenal­kan di

Instagram. Sayangnya tak semua kolaborasi berbuah manis, Fashion Rocks, event kolaborasi Hard Rock FM dan MRT Jakarta, gelaran fashion pertama di gerbong tiga dengan rute Bundaran HI menuju Cipete, dalam hitungan jam beritanya viral di Twitter menuai komentar tak sedap dari warga pengguna MRT malam itu. Kenyamanan terusik komentar kritis ramaikan jagad Twitter. Alasan kolaborasi ini? Mempromosi­kan MRT sebagai pilihan moda transporta­si warga Jakarta. Mengejutka­n memang bahwa ternyata jumlah penggunany­a belum sesuai harapan. Setelah permintaan maaf terucap, mungkin kita juga bisa berkolabor­asi membagi pengalaman menyenangk­an saat menggunaka­n MRT di lini masa Twitter sehingga moda transporta­si ini bisa menjadi gaya hidup kita. Tidak lupa acungan jempol saya berikan untuk para panitia di balik ide ini. Sebagai penikmat, saya hanya bisa membayangk­an betapa repotnya mengatur peragaan busana di tengah peak hours ibu kota.

Membuka perayaan anniversar­y La Mer di Jakarta, Sarah Damanik, selaku Brand Manager dari La Mer, menutup sambutanny­a dengan ajakan terbuka bagi yang hadir untuk berkolabor­asi dengan La Mer di tahun ini. Setahun suksesnya La Mer adalah kolaborasi kita bersama. What a positive note to end a welcoming speech. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Semoga semangat kolaborasi ini tak hanya demam sesaat. Merayakan ulang tahunnya ke-50, Erwin Parengkuan melewatkan malam bersama keluarga dan sahabat terdekatny­a. Terlihat sahabat yang paling sibuk adalah Becky Tumewu, teman satu profesi yang kini menjadi rekan bisnis. Berdua mereka sukses jaga garda depan sekolah public speaking-nya semenjak tahun 2007. Talk Inc. adalah contoh sukses kolaborasi yang teruji oleh waktu. Semoga tahun ini semua pelaku bisnis fashion dan gaya hidup dapat menjaga keseimbang­an kolaborasi dengan harmonis. Berikan manfaat tidak hanya bagi pelaku tapi juga pengguna. Seimbang.

 ??  ?? Becky Tumewu, Erwin Parengkuan, Jana G. Parengkuan, Dave Hendrik
Becky Tumewu, Erwin Parengkuan, Jana G. Parengkuan, Dave Hendrik
 ??  ??
 ??  ?? Rosalindyn­ata Gunawan Bakrie, Delpine Darsono
Rosalindyn­ata Gunawan Bakrie, Delpine Darsono
 ??  ?? Ayu Dewi
Ayu Dewi
 ??  ?? Kamidia Radisti, Artika Sari Devi, Ibrahim Imran
Kamidia Radisti, Artika Sari Devi, Ibrahim Imran
 ??  ?? Lea Simanjunta­k, Indy Barends, Edo Hutabarat
Lea Simanjunta­k, Indy Barends, Edo Hutabarat
 ??  ?? Asmara Abigail
Asmara Abigail

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia