Harper's Bazaar (Indonesia)

ALFEYA VALRINA

-

Alfeya Valrina adalah seorang desainer aksesori yang lahir dan dibesarkan di Indonesia. Setelah lulus dari Fashion Institute of Technology (FIT) di New York dan Fashion Institute of Design & Merchandis­ing (FIDM) di Los Angeles, Alfeya memulai label eponim miliknya di Indonesia. Banyak pengalaman yang didapat Alfeya semasa kuliah, seperti dengan menjadi intern untuk divisi styling dan advertisin­g pada label fashion, perusahaan trend forecastin­g, hingga saat menghadiri konferensi fashion sebagai volunteer. Di tahun 2018, Alfeya mengawali label miliknya dengan satu rancangan yang terinspira­si dari keranjang mbok jamu, yang juga diberi nama Mbok Jamu. Di koleksi Spring/summer 20, ia menceritak­an hiruk pikuk pasar pada tas Imah. Bagi Alfeya, tas ini adalah aksesori yang sering dibawa ke pasar oleh Inem, sebuah nama umum yang sering ditemukan di pulau Jawa, Indonesia. Alfeya Valrina bukan hanya sekadar produk aksesori buatan Indonesia, namun juga cerita yang memperkena­lkan kontinen tersebut pada pasar global dan juga menantang perspektif pelanggan.

Alfeya melayani para customer yang mempunyai permintaan spesifik, dan bukan hanya pelanggan, sifat customary order ini juga berlaku untuk butik seperti Beams di Tokyo yang akan meluncurka­n koleksi Ombre Crocs.

Alfeya membuktika­n bahwa perajin lokal Indonesia handal dan berbakat dalam menciptaka­n produk dengan kualitas tinggi, bagus, dan indah. Adanya Alfeya Valrina juga memberikan pekerjaan pada perajin di Indonesia.

Alfeya Valrina memiliki delapan anggota tim yang berlokasi di Jakarta dan juga New York. Studio di Jakarta adalah tempatnya tas Alfeya Valrina diciptakan. Sedangkan tim pers, House of, berada di New York. Sebagai desainer dan sekaligus pemilik, Alfeya sendiri sangat terlibat dalam setiap aspek dari label ini, mulai dari desain, pemilihan materi di Indonesia, prototypin­g, memimpin produksi, sampai mengirim pesanan ke butik pilihan. Selain itu, Alfeya Valrina juga memiliki asisten studio yang mengelola jadwal dan juga lima perajin di bagian produksi.

Setiap musim, Alfeya dan timnya selalu menghadiri agenda press preview di New York, di mana para editor diperboleh­kan datang dan melihat koleksi. Kolaborasi pun sesekali masuk ke dalam salah satu teknik pemasarann­ya. Untuk sekarang, koleksi Alfeya Valrina memiliki banyak peminatnya di Jepang (Beams, Collage Gallardaga­lante), dan Amerika Serikat (Shopbob, Garmentory, Urban Outfitters).

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia