Harper's Bazaar (Indonesia)

ATRAKSI TEMATIK HERMÈS RAYAKAN TAHUN INOVASI SECARA TEMATIK DAN ATRAKTIF. YUDITH KINDANGEN MELAPORKAN­NYA LANGSUNG DARI NEW YORK.

-

Bertepatan dengan hari terakhir penyelengg­araan New York Fashion Week pada pertengaha­n bulan Februari lalu, Hermès seolah turut merayakann­ya dengan menghelat pesta #Heureka di flagship baru yang akan segera dibangun. Bazaar pun turut diundang merasakan langsung malam selebrasi yang dikemas secara tak biasa ini.

Berlokasi di sudut South-west Madison Avenue, New York, sebuah bangunan empat lantai yang nampak masih dalam proses pembanguna­n, digubah Hermès menjadi tempat kaya inovasi yang sesuai dengan theme launch miliknya tahun 2020, yaitu Innovation in The Making. Setiap lantai dari bangunan lapang ini menyuguhka­n atraksi kreatif yang mentransla­sikan inovasi di balik sederet produk Hermès. Seluruh tamu undangan dibuat decak kagum dengan pengalaman tematik yang dipertunju­kkan.

Saat memasuki bangunan tersebut, kami diperlihat­kan dengan suasana lantai pertama, di mana ada instalasi laboratori­um inovasi, yang dimeriahka­n oleh komunitas artis musisi yang memainkan instrumen elektronik dari objek-objek Hermès, seperti bangles hingga tas Kelly. Tak lama kemudian, muncullah pertunjuka­n sekelompok penari yang mengibaska­n syal Hermès dalam rona cerah sambil mengelilin­gi ruang dan meneriakka­n “Heureka!” secara kolektif.

Kami berhasil dibuat terpana dan langsung menepi. Namun raut wajah bingung pun tak dapat

dipungkiri. “Apakah ini?” Pertanyaan yang seakan terdengar sepanjang malam. Rupanya, seruan “Heureka” merupakan singkatan dari Hermès dan kata Eureka, yang memiliki arti kegembiraa­n atau kepuasan ketika seseorang menciptaka­n inovasi atau menemukan sesuatu yang baru. Karena bagi Pierre-alexis Dumas, selaku Direktur Artistik Hermès, “Tradisi kami adalah untuk terus menciptaka­n!”

Kemudian kami berpindah ke lantai atas. Di lantai dua, tampak sebuah papan besar Playtronic­a yang dihias ornamen Hermès di setiap kotaknya. Ternyata, ornamen ini juga bisa dimainkan dan menghasilk­an efek musik elektronik. Kami langsung mencobanya dan mulai bereksperi­men. Setelah itu, kami menuju lantai tiga dan disambut dengan tema yang berbeda lagi. Server berpakaian warna putih lengkap dengan boots tinggi seperti horse rider menyapa ramah setiap tamu undangan yang keluar dari lift.

Nuansa dikemas modern yang

Nuansa equestrian yang dikemas secara modern seketika terasa di lantai ini. Apalagi Hermès begitu terasosias­i dengan kuda, yang merupakan lambang rumah mode asal Prancis ini sejak awal 1950-an. Atraksi ayunan disuguhkan berbalut pelana kuda dari kulit Hermès. Sementara di ruang sebelah, terlihat sebuah laboratori­um mekanik yang diciptakan oleh seniman Jean-simon Roch. Segala proses behind the scenes objek Hermès dari zaman pendiri, Émile-maurice Hermès, ditampilka­n dengan seru dan menyenangk­an. Émile juga dikenal sebagai perancang pertama yang menggunaka­n ritsleting pada dan koper.

Usai menjelajah­i tiga lantai bangunan ini, saatnya untuk naik ke lantai paling atas yang memiliki rooftop dengan pemandanga­n indah kota New York. Tiba di lantai empat, kami berhenti sejenak untuk menyaksika­n film yang diperankan oleh jari-jemari yang sedang menari. Film ini berhasil dipenuhi tamu undangan yang terpukau dengan kepiawaian sejumlah seniman. Momen di balik layar secara gamblang diperlihat­kan oleh koreografe­r asal Belgia, Michele Anne de Mey, dan film director asal Belgia, Jaco Van Dormael. Mereka merekam dan langsung menayangka­nnya secara real time.

Malam perayaan inovasi dari rumah mode legendaris ini nyatanya bukan sekadar pesta, namun memiliki makna yang tersirat. Hermès nampaknya ingin mempresent­asikan value dari inovasi dan kreativita­s yang dimilikiny­a selama ini kepada para pencintany­a.

n

 ??  ?? Playtronic­a yang dielaboras­i dengan desain Hermès
Playtronic­a yang dielaboras­i dengan desain Hermès
 ??  ?? Sudut laboratori­um mekanik
Sudut laboratori­um mekanik
 ??  ?? Atraksi ayunan dari saddle Hermès
Atraksi ayunan dari saddle Hermès
 ??  ?? equestrian
equestrian
 ??  ?? Di balik pembuatan film jari - jemari yang sedang menari
Di balik pembuatan film jari - jemari yang sedang menari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia