Harper's Bazaar (Indonesia)

TENTANG TANAH AIR

CERMATAN SANG MAESTRO LUKIS YANG DITUANGKAN DI ATAS MEDIUM SENI LUKIS DARI ZAMAN KE ZAMAN.

-

Srihadi Soedarsono berkarya dan bercerita melalui bakatnya tentang Indonesia. Pilihan warna dan goresan kuas yang ia padu di atas kanvas melambangk­an sejarah dan perkembang­an bentang alam Tanah Air. Sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa Srihadi pernah menjadi jurnalis pada saat zaman perang, di mana segalanya ia rekam di atas secarik kertas dengan pensil. Masih dilakukann­ya hingga kini, Srihadi berkata bahwa setiap karyanya adalah bentuk ekspresi dari apa yang sedang terjadi, seperti Horizon - The Golden Harvest. Menurut Jean Couteau, lukisan ini lebih dari sekadar pemandanga­n alam. Di sini, Srihadi menyiratka­n sesuatu yang lebih besar. Kesan tersebut diperlihat­kan dari ukurannya yang kontras antara pemandanga­n dan kemungilan manusia yang seolah tidak ada artinya di tengah alam tersebut.

Karya yang didominasi warna kuning tersebut menjadi salah satu lukisan yang dapat Anda lihat di pameran tunggal Srihadi dengan tajuk Srihadi Soedarsono - Man x Universe. Di Galeri Nasional para pengunjung dapat mendalami 44 karya Srihadi yang dikelompok­kan dalam empat rumpun besar, yakni Social Critics, Dynamic, Human & Nature, Tanah Lot Series, dan Contemplat­ion. Tak hanya itu, dalam rangka menghargai 70 tahun Srihadi berkarya, momen ini juga menjadi tanda resminya buku yang ditulis oleh Dra. Siti Farida Srihadi, M. Hum dan budayawan Dr. Jean Couteau, berjudul Srihadi Soedarsono — Man x Universe diluncurka­n.

Pameran yang mengajak para penikmatny­a untuk berkontemp­lasi bersama ini resmi dibuka oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Berbagai pihak yang ikut berperan serta juga memberi kata sambutan seperti sang maestro Srihadi Soedarsono, Farida Srihadi, Jean Couteau, Pustanto sebagai Kepala Galeri Nasional Indonesia, dan Presiden Direktur Sugar Group Companies, Gunawan Jusuf. Seremoni ini juga menampilka­n sebuah tarian dengan judul Jiwa Semesta dari Kita Poleng Bali persembaha­n Purwaty

Lee Couhault selaku Chairman Coordinato­r Panitia.

n

 ??  ?? Horizon - The Golden Harvest (2018)
Horizon - The Golden Harvest (2018)
 ??  ?? Srihadi Soedarsono
Srihadi Soedarsono
 ??  ?? Salah satu seri yang masuk dalam kategori Contemplat­ion adalah Candi Borobudur
Salah satu seri yang masuk dalam kategori Contemplat­ion adalah Candi Borobudur
 ??  ?? Tarian Jiwa Semesta dari Kita Poleng Bali
Tarian Jiwa Semesta dari Kita Poleng Bali

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia