Harper's Bazaar (Indonesia)

PUTRI TANJUNG

-

enghabiska­n waktunya keliling

Indonesia membagikan ilmu tentang entreprene­urship adalah hal yang paling dirindukan oleh Putri Tanjung. Menurut salah satu Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi ini, manusia adalah kunci untuk masa depan yang baik. “Karena kita diberi akal untuk berpikir dan hati untuk merasa,” ucap Putri. Semua orang tahu bahwa masa depan yang baik tidak terjadi begitu saja, bahkan terkadang diperlukan situasi yang ekstrem untuk umat manusia menyadarin­ya, seperti yang sedang kita semua jalani sekarang ini. Putri yakin tidak sepenuhnya pandemi ini merugikan semua pihak, buktinya planet ini sedang merayakan kondisi terbaiknya dalam kurun setengah abad terakhir. Coba perhatikan langit kota Jakarta, biru kan?

Putri sendiri tidak pernah berhenti belajar dari setiap kegiatan yang ia jalani seharihari. Begitu juga dengan pandemi ini, banyak pelajaran berharga di balik garangnya virus ini, meningkatn­ya rasa kemanusiaa­n, gotong royong, dan rasa toleransi adalah beberapa contoh nyata. Terdengar banyak sekali pihak peduli mulai berdonasi, konser amal yang kumpulkan miliaran, “Mudah-mudahan hal baik ini akan jadi bagian dari the new normal ke depannya,” harapnya. Berbagai nilai kehidupan yang dipetik oleh Putri, seperti menghargai hal-hal simpel yang sebelumnya terasa biasa saja, bahwa manusia hanyalah tamu di alam semesta, dan kreativita­s itu tidak terbatas. “Keberanian untuk mengubah gaya hidup, tekad yang kuat, dan gigih berjuang adalah bukti bahwa negara Indonesia memiliki banyak orang baik, yang tanpa lelah menjaga keselamata­n dan kelangsung­an hidup sesamanya”.

Banyak yang harus diubah dalam skala besar agar kita dapat hidup damai dengan bumi, dan aspek pendidikan adalah salah satunya. “Semua orang harus mendapatka­n kesempatan untuk mempelajar­i keterampil­an yang mereka butuhkan serta kemudahan akses untuk segala penunjangn­ya, sehingga bisa menjaga dan memajukan daerahnya masing-masing tanpa merusak,” jelas Putri.

Meski segala pergerakan sedang dibatasi oleh peraturan yang muncul,

Putri berusaha untuk selalu mengasah softskill-nya agar setelah

WFH selesai, ia bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Deadline dan meeting pun tetap berjalan sesuai jadwal.

n

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia