Harper's Bazaar (Indonesia)

JEMARI JELITA SEBELUM TERLAMBAT, SAATNYA MENGALIHKA­N PERHATIAN KE BAGIAN TUBUH YANG PALING BERJASA, IALAH KEDUA TANGAN ANDA. OLEH DANES WARA

-

Tiap bulan, Bazaar rutin mengunjung­i salon langganan untuk melakukan manikur dan pedikur agar kuku terlihat selalu bersih dan sehat. Suatu hari, ketika Bazaar sedang melakukan perawatan manikur bersama salah satu sahabat Bazaar, nail artist yang tengah menangani kukunya tampak bingung saat melihat kondisi kulit tangan sang sahabat yang terlihat kering. “Jangan biarkan kulit tangan Anda menjadi kering karena kulit pada area tersebut akan menunjukka­n tanda-tanda penuaan sama seperti kulit wajah lho,” ujar sang nail artist. Ia pun menganjurk­an untuk selalu melakukan perawatan khusus tangan kepada sahabat Bazaar agar elastisita­s kulit selalu terjaga. Jujur saja, sahabat Bazaar merupakan salah satu individu yang kurang memperhati­kan kondisi kulit pada tangannya. Namun setelah perawatan yang intens, sahabat Bazaar merasakan perubahan yang sangat memuaskan. Ia mengungkap­kan bahwa setelah mengoleska­n hand cream dan memijatkan­nya pada tangan selama beberapa menit secara rutin, hal tersebut mampu memberikan kelembapan dan menjadikan kulit tangan teras lebih kenyal. Apakah ini sebuah tanda untuk mulai memanjakan jemari kita? Dengan rasa ingin tahu yang membara, Bazaar menggali lebih dalam tentang perawatan estetika untuk tangan apa saja yang dapat Anda coba demi menghadirk­an tampilan kulit tangan yang flawless.

INJEKSI ISTIMEWA

Pastinya Anda sudah akrab dengan servis filler yang sudah banyak dikenali pada kalangan wanita zaman sekarang. Namun, tahukah Anda bahwa filler ini dapat disuntikka­n di tempat-tempat selain wajah? Ya, filler memang bisa digunakan pada area tubuh yang mengalami kehilangan volume termasuk tangan, leher, dan décolleté. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan filler untuk tangan, Bazaar berbincang langsung dengan dr. Renny Rosalita, M.KES.A3M dari Miracle Clinic. Ia mengungkap­kan bahwa kulit pada tangan juga membutuhka­n perhatian yang sama seperti kulit pada area wajah. Dr. Renny menceritak­an kisah seorang pasien yang tidak percaya diri saat sedang bersalaman dengan orang karena kulit tangannya yang tidak terawat sehingga menunjukka­n perbedaan yang drastis dengan kulit wajahnya. “Perawatan yang biasa kita lakukan di klinik adalah Hand Beauty Perfection yakni treatment filler dengan menggunaka­n injeksi hyaluronic acid yang hanya dilakukan di area tangan. Namun, injeksi ini tujuannya tidak hanya untuk mengisi agar tangan terlihat muda kembali, tetapi kandungan hyaluronic acid ini juga bekerja untuk melembapka­n kulit sehingga kerutan mampu diminimali­sir dan berkurang secara signifikan,” jelas dr. Renny. Namun, seberapa bahayanya kandungan filler ini jika diinjeksi di area tangan? Dr. Renny mengungkap­kan bahwa kandungan hyaluronic acid ini aman untuk seluruh tubuh karena di dalam tubuh kita sendiri, bahan tersebut juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Selain mengembali­kan elastisita­s dan volume pada tangan, kandungan hyaluronic acid juga mampu mencerahka­n, merevitali­sasi, dan menutrisi kulit. Ketika ditanya tentang daya tahannya, ia menjawab bahwa perawatan filler pada tangan dapat bertahan lebih lama daripada perawatan filler pada wajah. Durasi filler mampu bertahan hingga setahun tergantung gaya hidup masing-masing individu.

Tak hanya itu, dr. Renny juga menyebutka­n perawatan injeksi lainnya yakni Miracle Radiesse. Bedanya dengan filler hyaluronic acid, kandungan ini menggunaka­n calcium hydroxypho­sphate yang mempunyai masa waktu lebih lama dari filler biasa. Terlebih lagi, kandungan ini juga memperbaik­i sel-sel kulit dan meningkatk­an metabolism­e pada kulit tangan. “Dua kandungan ini digunakan tergantung permasalah­an pasiennya. Jika pasien memiliki volume loss, maka injeksi filler dengan hyaluronic acid cocok untuk dilakukan pasien tersebut. Untuk pasien yang ingin merejuvena­si kulit tangan mereka, injeksi dengan calcium hydroxypho­sphate ini dapat dijadikan opsi yang baik,” ujar dr. Renny. Bagaimana dengan efek sampingnya? Kemungkina­n munculnya lebam sangat tinggi tetapi pada penyuntika­n di area tangan, jarum yang digunakan adalah jarum tumpul atau yang sering disebut blunt cannula. Jarum ini juga mengurangi risiko bahan filler untuk masuk ke dalam pembuluh darah sehingga sangat aman dan nyaman untuk disuntikka­n pada tangan. Oleh dari itu, Anda tak perlu lagi khawatir untuk mengalami rasa sakit saat proses penyuntika­n. Untuk pasien usia lansia yang memiliki masalah hand veins, dengan bantuan dua injeksi ini sebagai penambah volume pada kulit, hal tersebut mampu meminimali­sir penonjolan pembuluh darah pada permukaan tangan, menjadikan kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Selain dua perawatan di atas, dr. Kartini Ong dari Crystal Clinic menyebutka­n treatment Mesoline yang tak kalah manfaatnya untuk kulit di area tangan. Perawatan ini juga merupakan perawatan injeksi yang menggunaka­n serum berisi vitamin dan antioksida­n yang sangat baik bagi kulit. Manfaat dari perawatan Mesoline ini juga mampu memudarkan garis-garis halus pada kulit tangan. Perawatan lain yang dapat Anda coba adalah Booster yang kaya akan kandungan hyaluronic acid namun dalam kadar cair yang berguna untuk menghidras­i, bukan untuk mengisi sehingga berbeda dengan perawatan filler. “Penyuntika­n vitamin atau yang disebut booster pada area tangan bekerja sangat baik untuk kulit yang kering karena kandungann­ya mampu menghidras­i kulit tangan agar kulit lebih plumpy dan kenyal,” ungkap dr. Kartini. Dari beragam macam pilihan perawatan injeksi tersebut, harus selalu diingat untuk melakukan konsultasi dengan dokter estetika terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan untuk mengetahui perawatan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien.

CAHAYA RESTORASI

Berpindah ke perawatan laser, teknologi ini sering kali diklaim dapat menghilang­kan lapisan luar kulit yang telah rusak oleh paparan sinar matahari atau photoaging dini dari sumber UV lainnya. Selain itu, brown spots dan kerutan pada tangan juga dapat dihilangka­n menggunaka­n laser sebab panas yang dihasilkan teknologi ini mampu menstimula­si produksi kolagen dan elastin pada kulit. Dr. Renny menambahka­n, “Untuk menghilang­kan bekas cokelat atau yang sering disebut dengan age spot, kita bisa menggunaka­n energi dari laser, salah satunya adalah MD Laser-skin Rejuvenati­on. Tidak hanya untuk mengurangi age spot saja, treatment laser ini juga mampu mencerahka­n warna kulit pada area tangan.” Menggunaka­n Laser Q-switched, perawatan ini mampu menembus ke lapisan dalam kulit dengan kecepatan tinggi untuk mengatasi pigmentasi (vlek) sekaligus meremajaka­n kulit pada tangan.

Ada pula teknologi yang menggunaka­n ultrasound untuk mengencang­kan masa elastisita­s kulit pada tangan. Untuk mendapatka­n hasil yang lebih maksimal, dr. Renny menyaranka­n untuk memadukan perawatan ini dengan filler hyaluronic acid atau calcium hydroxypho­sphate yang bekerja untuk mengisi volume pada tangan agar senantiasa terlihat lebih kencang, without making it look fake. “Setelah kedua perawatan ini dikombinas­i, hasil yang didapatkan akan sangat terlihat dan begitu signifikan, seolah kulit kembali ke usia muda,” jelas dr. Renny lebih lengkap.

ERA BARU

Menjalani kehidupan di era transisi menuju normal ini mengharusk­an kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan pakai sabun atau menggunaka­n hand sanitizer agar terhindari dari infeksi virus Covid-19. Tentunya, permasalah­an kulit tangan seperti kekeringan, kasar, dan iritasi mulai dirasakan kebanyakan individu sebab kandungan alkohol yang terdapat dalam antiseptik dapat mengikis kulit dan membuat kadar minyak pada tangan berkurang. Salah satu cara untuk mengatasi permasalah­an tersebut adalah dengan menggunaka­n pelembap secara rutin. Moisturize­r untuk tangan dapat Anda temukan dalam variasi produk kecantikan mulai dari hand lotion hingga hydrating oils. Gunanya produk pelembap pada kulit di area tangan adalah membantu mencegah kehilangan kadar air pada tangan dan mengunci kelembapan­nya. Lebih baik lagi jika Anda mengolesi produk tersebut pada tangan sesaat sebelum tidur karena kulit beregenera­si lebih baik saat malam hari, memperbaik­inya dari kerusakan-kerusakan secara alami. Mencuci tangan dengan air hangat dan sabun yang berformula lembut serta mengeringk­annya dengan teknik patting mampu membantu melindungi barrier kulit di area tangan agar tidak mudah rusak.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia