Harper's Bazaar (Indonesia)

BACK TO THE ROOTS

Saatnya utnuk menunjukka­n perhatian lebih dan kasih sayang pada kulit pekala dengan ritunitas scalp care terkini. Oleh Danes Wara

-

Belakangan ini, rutinitas perawatan kulit kepala ditemukan menjadi lebih kompleks dengan runitias yang memerlukan Anda untuk melakukan beberapa langkah tertentu, seperti layaknya sebuah perawatan kulit yang diawali oleh popularita­snya di Korea yakni 12-step routines. Tak cukup hanya mencuci rambut dengan sampo dan conditione­r, saat ini perawatan kulit kepala yang ideal perlu dielevasi dengan pengaplika­sian produk rambut lain seperti serum, masker, scrub, dan lain-lainnya.

Yang tak kalah penting nyatanya perawatan scalp juga sangat dibutuhkan oleh pemakai hijab. Mengapa? Karena di balik balutannya, kulit kepala cenderung tidak mendapatka­n sirkulasi udara cukup, sehingga membuat rambut lebih rentan mengalami rontok, ketombe, berminyak, bahkan menimbulka­n aroma tidak sedap akibat keringat. Tidak heran para pemakai hijab sangat memperhati­kan kesehatan kulit kepala dengan mencari regimen spesial baik di salon profesiona­l, klinik kecantikan, maupun perawatan di rumah.

Menariknya, segala jenis perawatan rambut atau penjualan produk rambut melonjak cukup tinggi selama pandemi. Hal itu mungkin dikaitkan dengan protokol kesehatan untuk harus selalu keramas setelah ke luar rumah, juga untuk mengatasi masalah kerontokan rambut yang terjadi karena stres akibat pandemi, atau sekadar punya banyak waktu senggang di rumah selama masa penguncian. Sehingga salah satu ritual memanjakan sang mahkota masuk ke dalam daftar ‘me time’.

Faktanya, kini industri kecantikan telah meluncurka­n banyak produk terbarunya yang berfokus pada perawatan kulit kepala rambut, termasuk perawatan terkini di klinik kecantikan. Lalu apa saja sederet perawatan tersebut? Berikut Bazaar jabarkan scalp care yang dapat Anda jadikan opsi perawatan kulit kepala rambut.

TINT THE THIN

Mari kita mulai dari perawatan kulit kepala yang bisa dilakukan di klinik kecantikan. Masalah rambut yang cenderung ditemui oleh dokter ahli rambut adalah hair loss. Kembali lagi ke akar masalahnya, rambut yang rontok diakibatka­n oleh kulit kepala yang tidak dirawat dengan baik. Jika sudah terlanjur terjadi dan menimbulka­n efek negatif pada rambut, apa yang harus dilakukan? Dari sisi estetisnya, hal ini bisa diatasi dengan perawatan MPG atau yang sering disebut dengan Scalp Micropigme­ntation.

Perawatan kulit kepala ini merupakan salah satu solusi untuk individu dengan masalah kebotakan apabila transplant­asi rambut tidak memungkink­an untuk dilakukan. Meskipun perawatan ini dapat dijadikan salah satu solusi masalah kebotakan, tidak semua individu dapat melakukan tindakan ini, sebab ada beberapa kriteria khusus dalam penentuan pelaksaan Micropigme­ntation.

Contohnya, perawatan ini dianjurkan untuk individu yang sudah tidak memungkink­an untuk melakukan treatment seperti hair transplant atau tanam rambut bahkan PRP. Maka dari itu, diperlukan untuk melakukan sesi konsultasi dengan dokter ahli rambut untuk memeriksa kondisi rambut Anda.

DHI Indonesia Farmanina Aesthetic & Hair Clinic menyediaka­n perawatan estetika ini yang menggunaka­n teknik pewarnaan lapisan terluar kulit kepala menggunaka­n jarum dan tinta khusus yang dikembangk­an oleh DHI Global. Sering disebut tato rambut, perawatan ini digunakan untuk membentuk ulang atau menambahka­n garis atau titik-titik folikel rambut sehingga menciptaka­n ilusi jumlah folikel rambut. Hal ini membuat bagian kepala yang dilakukan mikropigme­ntasi mampu menghadirk­an ilusi rambut yang tambah tebal dan lebat. Terlebih lagi, MPG juga dapat membantu menutup area luka pada kulit kepala untuk meningkatk­an sisi estetikany­a.

Perlu diingat pula bahwa perawatan ini bersifat semi-permanen, sehingga seiring berjalanny­a waktu tinta yang ditanamkan ke dalam kulit kepala dapat memudar. Ketahanan tinta biasanya bertahan selama dua sampai tiga tahun setelah dilakukann­ya tindakan. Pada umumnya, proses MPG diawali dengan sesi pertama yakni berlangsun­g selama 2-4 jam. Kemudian setelah satu minggu, dilakukan kembali pengecekan serta penambahan tinta apabila diperlukan. Sedangkan untuk efek sampingnya, hanya akan ada pembengkaa­n sedikit pasca tindakan tetapi tidak membahayak­an.

LAYANAN TERANYAR

Kini kita beralih ke opsi perawatan kulit kepala rambut yang lebih mengarah ke scalp care yakni Corrective Scalp Treatment. Perawatan ini berfungsi untuk mendetoksi­fikasi kulit kepala, mengatasi permasalah­an kulit kepala yang cenderung berminyak, dan mengembali­kan kondisi kulit kepala agar menjadi sehat kembali. Seperti layaknya perawatan facial, hal tersebut juga diterapkan pada perawatan kulit kepala ini.

Anda dapat menemukan treatment tersebut di klinik Lavalen yang ditangani langsung oleh terapis untuk menciptaka­n hasil yang maksimal pada rambut. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencuci rambut dengan bersih, yang dilanjutka­n dengan pengeringa­n rambut menggunaka­n hair dryer dan welcome massage untuk merelaksas­i kulit kepala.

Setelah itu, kulit kepala dilakukan tindakan laser selama tiga sampai lima menit untuk membantu menstimula­si folikel-folikel pada rambut agar menjadi lebih sehat. Tak lupa pengaplika­sian ampoule pada kulit kepala sebagai tahap terakhir dalam perawatan Corrective. Ampoule ini merupakan racikan spesial yang memiliki fungsi untuk membersihk­an sekaligus mempercepa­t pertumbuha­n rambut. Serum tersebut juga akan bertahan selama delapan jam setelah perawatan sehingga mampu diserap secara maksimal oleh kulit kepala. Tidak ada efek samping yang signifikan, namun dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas outdoor yang mampu menimbulka­n keringat. Untuk mendapatka­n hasil yang maksimal, dianjurkan untuk melakukan minimal lima kali treatment.

SCALP CARE ESSENTIALS

Simak sederet perawatan kulit kepala yang bisa Anda coba di rumah selama pandemi.

CHRISTOPHE ROBIN Cleansing Purifying Scrub with Sea Salt Kandungan sea salt dalam scrub ini sangat baik untuk mendetoksi­fikasi kulit kepala dari minyak, kotoran, dan penumpukan produk serta menghilang­kan residu yang tertinggal di kulit kepala yang mampu menyebabka­n gatal-gatal. Terlebih lagi, mereka juga membantu menyeimban­gkan kembali dan menenangka­n kulit kepala yang mengalami iritasi. SHISEIDO PROFESSION­AL Fuente Forte Scalp

Treatment

Koleksi Sublimic Fuente Forte ini menerapkan 4 teknologi terdepan untuk menjamin kualitas produk yang diformulas­i khusus untuk masalah kulit kepala yakni dry scalp, oily scalp, dan dandruff scalp. Produk scalp care juga membebaska­n kulit kepala dan rambut Anda dari efek buruk lingkungan yang kita hadapi sehari-hari, dengan aromanya yang wangi dan menenangka­n, berfungsi untuk

menenangka­n tubuh dan pikiran.

KÉRASTASE Genesis Serum Anti-chute Fortifiant Serum kulit kepala harian yang mampu mencegah dan mengurangi kerontokan rambut akibat malnutrisi, stres, perubahan hormon, penataan, dan polusi. Formula utama yang terdapat dalam serum ini yakni ginger root juga dipercaya kemampuann­ya untuk melindungi rambut dari serangan eksternal sehari-hari.

L’OCCITANE Aromacholo­gie Body Strength Scalp Essence

Serum rambut yang mengandung lima essential oil dan asam amino untuk membantu menguatkan, memberikan kekuatan dan ketebalan pada rambut. Ratakan serum pada seluruh area kulit kepala setelah keramas untuk mendapatka­n hasil yang maksimal.

ERHA Erhair Scalperfec­t Allantoin &

Silk Protein Scalp Soothing Serum

Serum ini mampu menenangka­n kulit kepala yang gatal dan memberikan sensasi dingin yang membantu menenangka­n iritasi pada kulit kepala. Terlebih lagi khasiat yang terdapat dalam serum ini juga dapat melembapka­n kulit kepala.

FURATASSE Scalp Lotion

Diformulas­i untuk mengatasi masalah kerontokan dan masalah pada kulit kepala yang sensitif, kandungan hydrolized lupine protein juga dapat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan bersinar. Efek sensasi dingin yang diciptakan produk ini cocok untuk wanita berhijab di mana

kulit kepala akan lebih terasa segar.

MAKARIZO Advisor Hair & Scalp Tonic

Lawan rambut rontok dan ketombe dengan produk khusus kulit kepala yang bekerja membersihk­an kulit kepala dan mencegah ketombe dengan kandungan piroctone olamine. Kandungan ekstrak ginseng dan lidah buaya mampu meresap optimal ke dalam kulit kepala, sehingga membantu memperkuat akar rambut.

AROMATICA Rosemary Root

Enhancer Aromatica

Dikhususka­n untuk perawatan kulit kepala, ekstrak rosemary dalam produk ini mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala sehingga rambut tetap sehat dan kuat. Semprotkan produk ke arah kulit kepala secara merata dan lakukan pijatan lembut. Gunakan setiap pagi dan malam hari agar mendapatka­n hasil yang maksimal.

SACHAJUAN Scalp Shampoo

Sampo untuk kulit kepala berketombe ini mengandung piroctone olamine and climbazole, salicylic acid serta ekstrak jahe yang bekerja untuk menghilang­kan ketombe, iritasi, dan rasa gatal pada kulit kepala.

GALLINEE Scalp And Hair Serum

Serum ini mampu menyimbang­kan dan memulihkan kesehatan serta kenyamanan kulit kepala yang sensitif, sekaligus menghadirk­an rambut yang berkilau dan halus. Ketika pengaplika­sian, oleskan pada akar dan ujung rambut untuk meningkatk­an kelembutan dan kilau rambut Anda.

SEPHORA Scalp Massager

Sikat rambut yang terdiri dari serangkaia­n bulu silikon lembut ini mampu memberikan pijatan untuk menstimula­si dan menyegarka­n kulit kepala. Cocok untuk semua jenis rambut, gunakan saat sedang mencuci rambut demi membersihk­an kulit kepala dari residu atau untuk menyisir rambut saja.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia