Harper's Bazaar (Indonesia)

PENGARUH SAKTI TIMUR TENGAH

INFUSI BUDAYA DARI NEGARANYA KINI TERLIHAT DI MANA-MANA, TAK TERKECUALI DI DUNIA PARFUM. MESKI SEKARANG AROMA KHAS TIMUR TENGAH SUDAH DAPAT ANDA KENALI DI MANA-MANA, TAHUKAH ANDA APA SEJARAH DI BALIKNYA? OLEH SABRINA SULAIMAN

-

Bukan hanya foto, tapi minyak wangi mampu menggambar­kan seribu kata. Wewangian yang berasal dari Timur Tengah memiliki aroma khas dan eksotis yang membuatnya langsung dikenali. Tahukah Anda bahwa ini merupakan budaya yang sudah tertanam sejak dulu? Parfum Arab telah lama memikat dunia dengan aroma unik dari kaumnya. Mereka adalah salah satu peradaban pertama di dunia yang mengadopsi parfum sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Namun beda dengan kita yang tinggal di benua lain, peran parfum adalah sebagai pelengkap atau pemanis penampilan seseorang. Di Timur Tengah, parfum menjadi sebuah simbol yang mencakup kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya. Jika kelak Anda mendapatka­n kesempatan untuk berpelesir ke Timur Tengah, sediakan waktu untuk menikmati pasar tradisiona­l atau souk khas Timur Tengah. Benar, seperti yang pernah dilakukan oleh Carrie dan Charlotte di film Sex and The City 2. Berbagai tempat dapat Anda jadikan pilihan, seperti Khan al Khalili di Kairo, jalan setapak di Dubai, atau Salalah di Oman. Selepasnya, tidak hanya pulang dengan cendera mata, Anda pun membawa pulang aroma eksotis yang jarang ditemukan di tempat lain.

Tentu saja, dengan sejarah yang membentang lebih dari 5.000 tahun, tidak ada yang meragukan bahwa wewangian Timur Tengah kaya akan tradisi lokal yang eksotis. Salah satunya adalah karena terkait dengan keyakinan, parfum di Timur Tengah tidak diperboleh­kan untuk dicampur dengan alkohol sehingga aromanya tahan lebih lama. Pengaruhny­a di industri parfum dunia juga tidak main-main. Apabila Anda memperhati­kan, banyak sekali label wewangian ternama yang mengeluark­an koleksi yang terinspira­si dari Middle East atau terkait bulan suci Ramadan.

Oud atau Oudh adalah aroma yang sangat populer dan identik dengan budaya Timur Tengah. Wangi ini berasal dari resin yang diambil dari kayu pohon Aquilaria. Karena langka dan membutuhka­n waktu yang cukup lama untuk memproduks­inya, oud mempunyai harga yang tinggi. Seringnya, aroma oud digambarka­n dengan woody-aromatic dan warm. Ketenarann­ya tidak berhenti di sana, Indonesia juga punya banyak penggemar akan aroma oud. Karena tidak memiliki pohonnya, banyak yang melepas rindu lewat aroma, dan cara yang paling mudah adalah dengan parfum. Lansiran label ternama seperti Bulgari, Comme des Garçons, Guerlain, Gucci, Louis Vuitton, Atkinsons, hingga Cartier adalah beberapa brand yang banyak digemari pasar di Indonesia. Ada juga merek seperti Memo Paris, Korloff, Amouage, Santa Maria Novella, Grand Crus, hingga Tiziana Terenzi yang juga memiliki koleksi khusus yang terinspira­si dari Middle East.

Rempah-rempah, bunga, dan kayu adalah bahan dari Timur Tengah yang banyak digunakan dalam komposisi. Meski aroma woody seperti oud yang kerap dikenal dari Arab, harum bunga mawar juga menyandang predikat yang berprestas­i. Bukan sebarang mekar, bunga mawar di kota Taïf lahir dari posisi geografis yang unik, iklim, dan tanah subur sehingga membuatnya lebih segar dan kencang. Ada juga safron dari tanaman kuma-kuma. Safron dikenal sebagai rajanya rempah-rempah aromatik. Selain aromanya yang digunakan dalam parfum, safron juga digunakan untuk kepentinga­n memasak hingga obat-obatan.

Siapa saja yang berkunjung ke negara penuh keagungan beserta budaya eksotis yang kental tentu terkesima, tidak terkecuali para desainer tenar. Ada yang mengaku terpesona dengan keindahan Teluk Persia, bahkan ada juga yang terpesona dengan konsep keharuman sebagai lebih dari sesuatu yang hanya dikenakan. Bagi mereka wewangian adalah pintu untuk memperkena­lkan kecantikan sekaligus kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan Anda?

FAKTA MENARIK TENTANG PARFUM DI TIMUR TENGAH

Di sana, tiga botol parfum dijual setiap detiknya.

Di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab parfum identik dengan personal hygiene, keramahtam­ahan, cara memberi tahu bahwa Anda menghargai waktu bersama dengan orang lain atau tamu.

Sekitar 70 persen dari industri kecantikan di Middle East dipengaruh­i oleh wewangian. Area wewangian di setiap gerai kecantikan selalu menjadi bagian yang terbesar.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia