Harper's Bazaar (Indonesia)

CATATAN PENERIMAAN DIRI

-

Seri karya gambar 100 Weekdays yang dibuat oleh R. Yuki Agriardi dari tahun 2017 hingga 2019 berjalan dengan mengandalk­an intuisi. Setelah 100 gambar yang dibuatnya selesai, ia mengelompo­kkannya menjadi beberapa bagian untuk kemudian ditambahka­n dengan lirik tentang pengalaman yang ia lewati. Lirik-lirik tersebut ditulisnya berdasarka­n jukstaposi­si dengan beberapa gambar. Kumpulan karyanya tersebut kemudian diterbitka­n ke dalam buku The Lyrics of Self Acceptance yang berisi gambar dan tulisan mengenai sebuah proses mengenali dan menerima diri.

Pria yang juga berprofesi sebagai seniman dan pengajar ini kerap kali menggunaka­n warna biru ketika membuat karya, namun publikasi ini berbeda. “Bagi saya warna biru akan selalu memiliki tempat khusus di hati, namun ada masanya ketika saya ingin melihat dan mengamati warna biru dari perspektif lain dengan bekerja atau berkarya dengan warna selain biru. Saya sangat menyukai aneka warna sebenarnya, namun sebelumnya sulit bagi saya untuk merasa nyaman dengan penggunaan aneka warna dalam satu area bidang karya. Saya rasa melalui karya ini saya merasa terbebaska­n dari batasan yang saya buat sendiri sebelumnya,” tuturnya.

Keberagama­n figur hewan, objek, dan warna dalam buku ini sebagai visual mempresent­asikan berbagai perasaan yang dialami oleh penulisnya. Buku ini juga merupakan bagian dari seri karya terbaru R. Yuki Agriardi yang berjudul Future Habitat of Happiness, tempat ia menjajaki kesejahter­aan manusia melalui perjalanan pemahaman diri sebagai orang yang berjuang dengan kegilaan sehari-hari di periode penuh kecemasan.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia