Harper's Bazaar (Indonesia)

QUARANTINE & RESOLUTION

APA DEFINISI KENORMALAN BARU UNTUK RUMAH MASA KINI?

-

Hidup berdamping­an dengan pandemi membuat manusia kembali merunutkan skala prioritas dalam tempat tinggalnya. Alasannya sederhana. Dengan hadirnya pandemi, perubahan rutinitas manusia menjadi signifikan. Ada sejumlah batasan yang datang dan Anda diharuskan menemukan alternatif gaya hidup yang sesuai. Jika dulu Anda memperlaku­kan rumah sebagai titik perhentian berbagai kegiatan, kini hunian juga dituntut untuk menjadi lokasi pusat yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas. Menurut logika, peningkata­n kebutuhan tersebut akhirnya berimbas pada alterasi atau penambahan fungsi ruang di dalam rumah.

Dalam konferensi pers pembukaan pameran The Colours of Indonesia Chapter V yang mengusung tema Residensia­l, desainer interior Eko Priharseno menyampaik­an, “Ketika epidemi melanda, rumah tinggal merupakan satu-satunya tempat paling aman dan menjadi benteng pertahanan terakhir melawan pandemi. Tawaran terbaru kami pada residensia­l di pameran ini adalah memaksimal­kan kenyamanan tinggal di sebuah hunian, misalnya sebuah ruangan didesain memiliki dua fungsi yang berbeda.” Pernyataan tersebut tepat menggambar­kan situasi dunia rumah saat ini. Baik Anda punya kebutuhan untuk Zoom meeting, berolahrag­a, hingga rekreasi sejenak di ruang privat, rumah dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Hadirnya pandemi juga membuat manusia lebih menghargai ruang terbuka, oleh sebab itu saat ini perannya di dunia hunian sedang populer. Baik berupa balkon yang rimbun tanaman, hingga rumah dengan kolam kecil yang dibuat estetis secara desain. Desainer interior Agam Riadi menyampaik­an, “Saat ini orang lebih menghargai dan memperhati­kan keberadaan ruang outdoor, sehingga kebutuhan ini semakin bisa lebih dibawa ke ranah interior oleh kami para desainer.” Respons serupa datang dari brand Minotti yang baru saja membuka flagship keduanya di Pacific Place Juli silam dan menghadirk­an display khusus ruang outdoor dengan furnitur yang mengakomod­asi keperluan tersebut.

Perkembang­an tren hunian hingga saat ini masih berjalan menurut kebutuhann­ya. Sebagian mengutamak­an penempatan sarana kebersihan di titik-titik strategis di rumah, sementara lainnya mengharusk­an rumah agar dapat berperan sebagai home office. Ada juga yang mengalokas­ikan anggaran interior yang lebih besar dibandingk­an dengan arsitektur­nya. Bagi Anda, apa yang paling utama?

 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia