BAHASA TUBUH INI BAHAYAKAN KARIER ANDA

Gerak dan isyarat yang patut dihindari dan diperbaiki demi meraih sukses.

Herworld (Indonesia) - - Contents -

x MENYERINGAI

Tersenyum kecut, memainkan rambut atau menggarukgaruk kepala menandakan Anda gugup dan tidak yakin akan suatu hal.

Kendalikan situasi. Perilaku ini seringkali ditemukan saat Anda sulit atau tidak dapat segera menjawab pertanyaan atasan. Christian Chua, ahli bahasa tubuh yang telah berpengalaman dalam akademi pelatihan menyarankan agar Anda tetap tenang dan berusaha meyakinkan atasan bahwa Anda perlu waktu untuk menjawab pertanyaan yang bagus ini. Jika ada rekan kerja dalam ruangan tersebut, ada baiknya meminta opini atau mengajaknya berdiskusi untuk mendapat jawaban terbaik.

x BERADU PANDANG

Kontak mata yang konstan berkesan agresif, karena seperti menantang atasan.

Alihkan pandangan ke arah lain secara rutin, terutama pada saat wawancara langsung ataupun meeting kecil. Anda bisa juga menyiasatinya dengan menghirup kopi atau mencatat sesuatu di buku.

x MELIPAT TANGAN

Menyilangkan tangan di depan dada menandakan sikap yang defensif, insecure dan tertutup.

Letakkan tangan di samping tubuh secara bebas dan santai, atau temukan jari tangan kanan dan kiri di depan tubuh kirakira setinggi pusar saat berbicara dengan atasan, saran Teo Ser Lee, founder & director Protocol Academy, konsultan etika dan image. Usahakan agar gerakan tubuh yang muncul saat berbicara masih dalam batas wajar.

x DISTRAKSI

Bosan saat meeting, Anda melirik jam tangan, mengecek email melalui smartphone atau mengerlingkan mata ke sekeliling ruangan. Don’t! Bahasa tubuh ini mengesankan sikap individualis serta tidak peduli dengan situasi dan orangorang di dalam ruangan.

Gunakan kesempatan ini untuk mengobservasi keadaan sekeliling. “Jika Anda berbicara dengan seseorang yang introvert, jagalah nada bicara agar tetap halus dan tenang. Sebaliknya jika mengobrol dengan si extrovert, Anda bisa tertawa keras,” kata Christian menambahkan bahwa orang cenderung akan lebih nyaman berinteraksi dengan yang memiliki kemiripan.

x MENCOBA SEMBUNYI

Mencari podium saat akan presentasi di hadapan Bos? “Anda hanya akan terlihat dari dada ke atas. Dan ini terkesan Anda bersembunyi di balik ‘selimut’,” tegas Christian.

Move around. Tapi jangan terlalu banyak karena gerakan yang terlalu melebar akan menjadi distraksi saat Anda berbicara.

x PERLAMBAT LANGKAH

Merasa fokus dan cekatan saat berjalan super-cepat? Justru Anda terkesan panik dan terburu-buru.

Ada saatnya seseorang menambah kecepatan langkah atau setengah berlari menuju podium atau panggung, seperti yang sering dilakukan oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Hal ini menunjukkan dirinya yang sehat, enerjik dan berdaya. Mungkin Anda bisa mencobanya lain kali, di presentasi selanjutnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.