SEX AND (YOUR) WELLBEING

Herworld (Indonesia) - - Contents -

Berhubungan seks secara rutin ternyata dapat membuat Anda tampak lebih muda tujuh tahun!

Jika seringkali Anda lebih memilih tidur daripada bercinta, mulai malam ini ubah kebiasaan itu. Berhubungan seks secara rutin ternyata dapat membuat Anda tampak lebih muda tujuh tahun! OLEH DIAN SARWONO

Seperti olahraga, para ahli kesehatan menyarankan para pasangan untuk berhubungan seks setidaknya tiga kali seminggu. Selain untuk mendapatkan kenikmatan dan mempererat hubungan, bercinta secara teratur juga memiliki banyak manfaat jangka panjang untuk kesehatan, kecantikan dan kualitas hidup Anda. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang kami temukan.

Kulit Lebih Bersinar

Artikel 10 Reasons Sex

Makes You Beautiful dari situs mindbodygreen.com menjelaskan bahwa seks secara rutin akan membuat rambut lebih berkilau dan kulit tampak bercahaya. Estrogen, yang turut berperan untuk menghasilkan rambut dan kulit yang sehat, akan meningkatkan produksinya pada perempuan yang sering berhubungan seks. Anda juga akan memproduksi lebih banyak kolagen yang akan menjaga kulit tetap kencang.

Tampak Lebih Muda Tujuh Tahun

Oooh yesss! Dr. Mehmet Oz, salah satu dokter favorit Oprah Winfrey dan penulis buku You: Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty, mengungkapkan hasil studi di rumah sakit Royal Edinburgh, Skotlandia. Setelah melakukan penelitian terhadap sekelompok orang berusia 40-an yang bercinta secara rutin, dilakukan penjurian oleh panel juri yang merupakan masyarakat umum. Mereka diminta menebak umur sekelompok orang tersebut, jawabannya bervariasi antara tujuh sampai 13 tahun lebih muda dari umur sebenarnya. Para peneliti percaya mereka terlihat lebih muda karena pelepasan hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) ketika bercinta. DHEA yang diproduksi oleh kelenjar adrenal memiliki sifat anti penuaan sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen dan bisa mengurangi kerutan.

Memperkuat Jantung

Anda pasti tahu bahwa seks juga salah satu bentuk latihan kardio, 30 menit bercinta dapat membakar 70 kalori. Penelitian juga menemukan seks dapat melindungi jantung Anda. Sebuah studi yang ditulis dalam Journal of Sex & Marital Therapy menemukan pasangan yang bercinta sekitar 12 kali dalam sebulan memiliki heart rate

variability (HRV) lebih baik. HRV adalah sebuah ukuran yang melihat respons jantung Anda pada perubahan gerak sepanjang hari, misalnya berdiri dan duduk. Semakin tinggi angka HRV, akan semakin baik karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan salah satu penyebab kematian utama pada perempuan.

Tidur Lebih Nyenyak

Bukan rahasia lagi, tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci utama kecantikan dan kesehatan. Hormon oksitosin akan meningkat setelah bercinta, dan kemampuannya untuk mengurangi stres akan membuat rileks sehingga membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. So, sex first, then have your beauty sleep after.

Menghilangkan Sakit Kepala

Mungkin salah satu alasan Anda menolak bercinta karena sakit kepala. Ternyata, berhubungan intim justru dapat menyembuhkan sakit kepala tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan di Southern Illinois University menemukan bahwa perempuan yang menderita migrain, merasa lebih baik setelah orgasme. Menurut Dr. Oz, hal ini dapat disebabkan karena hormon endorfin yang mengalir ke tubuh. Hormon tersebut dapat memiliki efek yang hampir sama dengan morfin, yaitu mematikan rasa sakit pada tubuh.

Memperbesar Payudara

Ya, Anda tidak salah baca! Dr. Michael Roizen, partner Dr. Oz dan penulis buku The Real Age Makeover: Take Years off Your Looks and Add Them to Your Life mengatakan seks adalah cara paling natural untuk memperbesar payudara. Ketika bercinta, payudara akan membesar sekitar 25%, tinggi puting akan meningkat sampai sekitar satu setengah inci. Stimulasi dan sirkulasi darah yang terjadi saat bercinta yang akan memperbesar payudara Anda secara alami, bukan push-up bra!

Dian Sarwono adalah penulis lepas dan dosen program komunikasi di Binus University International.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.