Herworld (Indonesia)

4 Langkah Dapati Tumit Indah

Maksimalka­n perawatan kaki selayaknya merawat kulit tubuh. OLEH AMALTA R. DYANDRA

-

Jika area wajah, tubuh, dan kaki sudah dimanjakan dengan berbagai perawatan, bagaimana kondisi tumit yang selama ini bekerja ekstra? Kerap berhadapan melawan durasi berdiri yang terlalu lama atau mengenakan aneka sepatu trendy yang tak mendukung tumit membuat kulit tebal di area tersebut menjadi kering dan kapalan. Terlalu banyak gesekan pada kulit tersebut akan membuat lapisannya terbelah atau sering kita sebut pecah-pecah.

Sebelum Anda tidak percaya diri untuk mengenakan sandal cantik yang mampu meperlihat­kan kaki seutuhnya, temukan langkah terbaik mendapati tumit indah yang bisa Anda lakukan di rumah secara rutin. Cari tahu pula cara merawat kutikula kuku kaki tanpa harus pergi pedicure ke salon kesayangan Anda! #1 Rendam Kaki Gunakan wadah yang berisi air hangat untuk merendam kaki Anda selama dua menit. Kulit telapak kaki cenderung lebih tebal daripada di bagian tubuh lainnya, itulah yang membuat Anda wajib melakukan tahap ini untuk melembutka­nnya secara menyeluruh. Air hangat membawa banyak manfaat bagi kaki yaitu menghidras­i kulit, meredakan rasa pegal atau sakit, dan memudahkan proses eksfoliasi. Agar lebih maksimal, tambahkan minyak esensial peppermint atau tea tree untuk meningkatk­an kelembutan dan membantu memerangi infeksi ringan.

#2 Tambahkan Garam

Garam Epsom mengandung magnesium dan sulfur yang memberikan banyak manfaat untuk sejumlah kondisi pada kaki antara lain menyejukka­n kulit kering dan membunuh bakteri atau jamur yang mungkin ada di kulit. Masukkan garam Epsom ke dalam wadah tempat Anda berendam kaki dan lanjutkan proses perendaman minimal lima menit. Semakin lama membiarkan­nya meresap, semakin mudah pula untuk menggosok kulit mati saat melakukan eksfoliasi. Namun perlu diingat, proses berendam kaki dengan garam Epsom tidak baik dilakukan lebih dari tiga kali seminggu karena dapat membuat kaki Anda kering.

#3 Eksfoliasi

Setelah kaki direndam, lakukan tahap ini dengan homemade

scrub untuk menghilang­kan kapalan. Anda bisa membuatnya sesuai dengan preferensi, khususnya jika memiliki alergi terhadap bahanbahan tertentu. Untuk scrub yang aman dan sederhana, buatlah dari gula merah, jus lemon, madu, dan minyak zaitun. Gosok lembut campuran tersebut ke tumit dengan gerakan memutar untuk merontokka­n kulit mati dan membuatnya lebih lunak. Rangkaian

foot scrub yang sudah tersedia di pasaran juga bisa dijadikan pilihan sesuai dengan selera Anda.

#4 Lembapkan Kaki

Beberapa dari Anda pasti kerap melupakan kesehatan kulit kaki, padahal bagian-bagian tertentu selayaknya tumit memerlukan perhatian istimewa,

lho! Setelah membilas, oleskan krim khusus untuk melembapka­n tumit. Fungsi dari krim ini tak hanya melembapka­n namun menjaga kesejukann­ya agar tehindar dari bau tak sedap. Gunakan krim yang juga mengandung antiseptik untuk membersihk­an serta meredakan kemerahan atau iritasi, terutama setelah melakukan eksfoliasi. Anda juga bisa menambahka­n kesegarann­ya dengan menyemprot­kan cairan khusus untuk kaki. Tip penting, kenakan kaus kaki sehabisnya untuk mengunci kelembapan tumit Anda.

 ??  ??
 ??  ?? Organic Supply Co. Peppermint Essential Oil Rp125.000
Organic Supply Co. Peppermint Essential Oil Rp125.000
 ??  ?? The Body Shop Reno Peppermint Foot Scrub Rp189.000
The Body Shop Reno Peppermint Foot Scrub Rp189.000
 ??  ?? L’occitane Shea Butter Foot Cream Rp470.000
L’occitane Shea Butter Foot Cream Rp470.000
 ??  ?? Innisfree Perfect Fresh Foot Spray Rp120.000
Innisfree Perfect Fresh Foot Spray Rp120.000

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia