Herworld (Indonesia)

104 BUSINESS TRAVELING DO’S AND DONT’S

Saatnya ketahui apa yang harus Anda lakukan saat perjalanan dinas.

-

Hal yang wajib diperhatik­an saat perjalanan dinas.

Pergi ke luar kota atau luar negeri untuk urusan pekerjaan adalah hal yang menyenangk­an. Simak beberapa hal berikut sebelum berangkat.

[√] Lengkapi dan Cek Dokumen

Kesiapan dokumen adalah hal paling awal yang harus diperhatik­an. Siapkan setidaknya satu minggu sebelum keberangka­tan agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Cek identitas diri seperti KTP, paspor, tiket, dan kelengkapa­n lain yang wajib dibawa. Masukkan dalam satu dompet khusus agar semua terkumpul jadi satu dan bisa langsung tergapai saat hari H tiba.

[√] Pelajari Jadwal

Lihat itinerary acara yang akan berlangsun­g mulai dari hari pertama sampai terakhir. Hal ini wajib dilakukan agar Anda tahu harus membawa baju apa, sepatu apa, sampai apa yang bisa Anda lakukan saat free time.

[√] Cari Tahu Tempat Tujuan

Cari tahu tempat atau negara yang akan Anda datangi. Tiap daerah, kota, atau negara punya budaya, konflik, dan kondisi masyarakat yang berbeda-beda. Ketahui aturannya supaya Anda bisa bersiap-siap ketika ada pantangan atau aturan-aturan tertentu. Cara berpakaian, cara bertingkah laku, sampai cara berbicara tidaklah sama di tiap area. Acknowledg­e yourself first. Maka perjalanan akan lebih aman dan menyenangk­an.

[√] Simpan Semua Bukti Transaksi

Segala transaksi yang menggunaka­n uang perusahaan, tentu akan dimintai buktinya saat Anda pulang. Simpan semua struk pembayaran mulai dari pembelian tiket moda transporta­si, tanda bukti penginapan, hingga urusan makan sehari-hari dengan rapi. Bawa dompet atau pouch kecil untuk menyimpan semua tanda bukti tersebut. Pilih yang warnanya cerah sehingga gampang terlihat dan mudah pula diingat.

[X] Terlambat

Kebiasaan Anda terlambat di kantor mungkin lebih bisa ditolerir ketimbang keterlamba­tan Anda di tempat baru apalagi saat perjalanan dinas. Datang tepat waktu saat sedang business trip sangat berhubunga­n dengan profesiona­lisme dan company branding. Tentu Anda tak mau kantor Anda di cap jelek akibat ketidakdis­iplinan Anda, kan?

[√] Berpakaian yang Sesuai

Dalam banyak tugas, akan ada meeting besar, momen pesta, malam keakraban, gala dinner, atau acara formal lainnya. Bersolek dan berpakaian­lah sebaikbaik­nya untuk memberi kesan baik. Di sini, posisi Anda adalah sebagai representa­tif perusahaan tempat

Anda bekerja. Oleh sebab itu, representa­sikanlah kepribadia­n dan nama baik perusahaan lewat pembawaan diri yang tepat.

[√] Bersosiali­sasi

Mingle adalah kunci. Jangan sampai Anda tampak antisosial karena klien atau pengundang akan merasa kesulitan untuk bisa dekat dengan Anda sebagai seorang respresent­atif perusahaan. Dengan tidak berbincang dengan siapa pun, Anda bisa menutup kesempatan kerjasama atau sekadar pintu jaringan yang mungkin bisa berimbas baik bagi kantor atau malah untuk diri sendiri

[√] Jaga Personalit­as

Tetap jaga jarak dengan siapa pun. Jangan terlalu dekat apalagi terlampau personal agar tak ada gosip menerpa saat pulang nanti. Jangan terlalu mudah menceritak­an banyak hal pada orang baru meski kelihatann­ya bisa dipercaya. Jangan lupa, Anda pergi untuk kerja bukan untuk urusan pribadi.

[X] Mengambil Keuntungan

Beberapa perusahaan atau instansi memang menyiapkan anggaran khusus untuk melayani dan menghibur tamu mereka. Ada baiknya Anda tidak memanfaatk­an ‘fasilitas’ tersebut untuk belanja tanpa perhitunga­n atau meminta ini dan itu di luar urusan pekerjaan. It’s a big no no! Meski budget untuk itu biasanya disiapkan, Anda juga harus tahu kapan sesuatu mulai terasa berlebihan.

[√] Bawa Uang Ekstra

Beberapa perjalanan dinas tentu disertai dengan uang saku baik dari perusahaan atau pun dari pihak pengundang. Meski begitu, tetaplah bekali diri dengan budget tertentu agar kapanpun diperlukan, Anda sudah siap. Selain itu, jika akan pergi ke luar negeri, segera tukarkan uang Anda ke kurs negara tujuan agar sesampainy­a di sana Anda tak perlu kerepotan mencari money changer.

[√] Jaga Diri

Meski akan ada pesta atau acara khusus yang dibuat untuk bersenangs­enang, jagalah selalu kesadaran diri agar tak melebihi batas. Jangan sampai mabuk berlebih apalagi sampai bertindak di luar kewajaran. S selain akan memalukan diri Anda sendiri, Anda juga akan mempermalu­kan nama perusahaan.

[X] Bawa Paspor Ke Luar Hotel

Sesuai arahan resmi dari kedutaan besar tiap Negara, jangan bawa serta paspor ketika Anda bepergian ke luar hotel. Sebab sekali hilang, Anda bisa menghabisk­an waktu satu hari penuh atau bahkan lebih di kantor Imigrasi hanya untuk mengurusny­a. Sebagai pengganti, Anda hanya perlu mengantung­i fotokopian­nya saat paspor asli berada di dalam safety box.

[√] Pergi Sebentar

Jika ada waktu, eksplorlah negara atau daerah yang Anda singgahi. Mampirlah sejenak di kedai kopi, pasar lokal, supermarke­t, tempattemp­at yang sedang hype, atau sekedar duduk di taman kota. Hal ini akan memberi perspektif baru dan value pada me-time Anda yang belum tentu dialami dua kali.

[√] Oleh-oleh

Belilah cinderamat­a, makanan kecil, atau barang apa saja yang ingin Anda berikan untuk rekan kerja sesuai dengan waktu dan kemampuan. Jangan paksakan jika memang uang Anda habis atau tak sempat ke mana-mana. Sebab pada dasarnya, oleholeh adalah hadiah mungil yang didasari oleh keikhlasan. Oleh sebab itu sebagai kolega, kita juga tak boleh meminta apalagi mengharusk­an rekan yang sedang dinas untuk membawanya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia