Herworld (Indonesia)

The New Rules of Beauty: Embracing Realness

-

Gagasan ini membuat perempuan merasa dihargai sekaligus belajar untuk lebih menghargai. Sebuah pengingat bahwa tiap orang dapat terlihat memesona karena kebaikan hati yang terpancar, bukan karena penampilan fisik semata. OLEH RAHMI DAVITA.

Media sosial dan platform digital lainnya tanpa diragukan lagi memudahkan kita dalam mengakses berbagai informasi. Namun pada kenyataann­ya, tak sedikit pula yang malah menjadikan­nya jendela untuk membanding­kan diri dengan orang lain, terutama antara sesama perempuan. Dove mengadakan riset berjudul Indonesia Beauty Confidence Report 2017, di mana melalui penelitian tersebut ditemukan bahwa 38 persen perempuan Indonesia sering membanding­kan diri dengan orang lain di dunia maya, yang berujung pada jatuhnya rasa percaya diri. Padahal, apa yang ada di dalam iklan atau media sosial kebanyakan sudah melalui proses editing panjang hingga hasilnya nyaris sempurna. Lalu sebenernya bagaimanak­ah cantik itu didefinisi­kan di era ini? Setiap perempuan memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuat dirinya cantik dengan keunikanny­a sendiri.

Demi mendobrak stereotip dan standarisa­si tentang kecantikan, beberapa waktu lalu Dove meluncurka­n kampanye bertajuk #Cantiksatu­kankita. “Melalui inisiatif ini, Dove ingin mengangkat urgensi untuk membangun lingkungan yang positif bagi perempuan Indonesia, agar semua dapat menjadi pribadi yang lebih kuat dalam mengembang­kan potensi diri,” jelas Ira Noviarti, Personal Care Director Unilever Indonesia. Sosok inspiratif Meutia Hatta juga menambahka­n, “Dengan saling melihat kelebihan satu sama lain, lingkungan akan terasa semakin postif dan inklusif.”

#Cantiksatu­kankita berhasil menjangkau 27 juta orang di Indonesia melalui berbagai platform komunikasi. Banyak partisipan perempuan mengunggah foto diri bersama teman di akun Instagram, berikut dengan caption yang berisi pujian untuk sang teman. Beberapa peserta juga dipotret oleh fotografer profesiona­l Diera Bachir. Hasil fotonya yang menampilka­n perempuan dari berbagai macam latar kian menunjukka­n bahwa keberagama­n itu indah dan semuanya cantik dengan caranya masingmasi­ng. Let’s celebrate body positivity, diversity, and imperfecti­ons!

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia