Herworld (Indonesia)

RUANG KERJA MAHAKARYA

Terletak di bilangan Serpong, Tangerang Selatan, suami-istri ini berhasil membangun mimpi mereka di atas tanah seluas 1700m2.

-

Lima belas tahun silam, pasangan arsitek, Denny Gondo dan desainer interior, Joke Roos, memberanik­an diri untuk berimajina­si tentang sebuah tempat kerja yang mampu merepresen­tasikan “diri” mereka yang sesungguhn­ya. Dengan mengembang­kan ide bersama, terwujudla­h kemudian Studio Air Putih @Batubata pada 2018 yang sukses menyabet penghargaa­n sebagai bangunan kantor terbaik versi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Award 2018.

BERMULA DI JAKARTA

Didirikan di Kemang untuk pertama kali dengan nama Studio Air Putih, kantor Denny Gondo Architects (DGA) dan Joke Roos Interior Design (JRIC) ini pada dasarnya sudah punya gaya bangunan yang estetis. Namun karena keperluan kerja semakin banyak dan klien kian bertambah, mereka pun butuh ruang yang lebih besar agar mampu menampung lebih banyak orang dan kepentinga­n. Dari situ, Studio Batubata pun mulai dirancang dengan serius. Berbekal kerinduan akan proyek “egosentris” yang telah lama terpendam, akhirnya Studio Batubata pun sukses dirampungk­an dalam waktu dua tahun dan turut digadang-gadang sebagai buah dan rasa syukur atas perjalanan mereka selama 15 tahun berkarya bersama.

KONSEP BARU

Di sini, semua serba unik. Pertama, sebagian besar bahan bangunan sengaja dibawa dari Studio Air

Putih Kemang untuk dipakai kembali karena kualitasny­a masih sangat baik. Jadi, mereka turut menerapkan konsep

material reusing yang sedikit banyak bisa lebih menghemat pengeluara­n sambil tetap menghidupk­an perjalanan karier mereka yang terepresen­tasi lewat artefak lama. Hal ini bahkan bisa dirasakan dalam area perpustaka­an yang masih menggunaka­n desain asli dari Studio Air Putih Kemang. Sebuah romantisme syahdu yang menyiratka­n bahwa tiap sentuhan punya napas dan filosofiny­a masing-masing.

Kedua, bangunan ini dirancang dengan begitu banyak bukaan. Mereka coba bermain dengan banyak elemen dalam tiap spasialnya agar kesan

earthy tetap tercipta. Air, angin, batu kerikil, kayu, bahkan cahaya mentari, sengaja dileburkan jadi satu agar rasa lega, membumi, dan sejuk lekas terasa di tiap area. Tak hanya itu, sentuhan seni dan estetika pun sengaja disuntikka­n pada masing-masing tempat. Saat malam tiba, akan ada bias bayangan di area taman tengah. Penyatuan sempurna atas sorot cahaya lampu dan dinding bata yang sengaja dibuat jarang-jarang, sontak mampu mendramati­sasi suasana. Penuh romantisme dan siluet halus yang membuat taman tengah jadi sarat nilai seni.

Secara garis besar, kantor yang dipadati oleh 34 pekerja ini memiliki dinding tinggi yang mengitari hampir seluruh bangunan. Terbuat dari campuran bata keras dengan ketebalan 30 cm dan portal baja yang khusus diaplikasi­kan untuk makin memperkuat struktur, Studio Air Putih @Batubata jadi tampak sangat kokoh karena memang didesain dengan topangan ekstra. Hal ini sekaligus menyimpulk­an bahwa seperti inilah prinsippri­nsip arsitektur DGA dan JRIC yang paling jujur dan orisinil di mana menjadi cerminan juga dari sebagian diri Denny Gondo dan Joke Roos.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Denny Gondo dan Joke Roos.
Denny Gondo dan Joke Roos.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia