Herworld (Indonesia)

MAKNA SIMBOL IMLEK

-

Mengetahui arti di balik pernakpern­ik dalam selebrasi Imlek.

Tahun baru Imlek kerap ramai dengan warna merah dan pernakpern­ik meriah. Namun, apakah Anda tahu arti di balik simbolsimb­ol tersebut? 1 WARNA MERAH

Menggambar­kan pengharapa­n di tahun yang baru. Segala kesedihan serta kegelapan dipercaya akan hilang dan digantikan dengan kebahagiaa­n. Merah juga kerap menjadi simbol kebaikan dan ketulusan hati. Pelafalan kata merah yang dalam Bahasa Mandarin adalah “hung” identik dengan arti “makmur”.

2 ANGPAO

Salah satu ciri khas saat tahun baru Imlek adalah angpao. Biasanya, angpao diberikan oleh seseorang yang lebih dewasa pada anakanak atau yang belum menikah. Pemberian angpao juga bisa dilakukan dalam berbagai acara, misalnya seperti dalam pernikahan.

3 IKAN

Selain jadi makanan favorit, ikan diyakini sebagai lambang keberuntun­gan. Dalam Bahasa Mandarin, kata ikan adalah

“Yu” yang sama dengan lafalan bermakna “lebih”. Gambar ikan pun diharapkan mampu memberikan hidup sehat dan bahagia serta usaha yang lebih lancar. 4 Jeruk

Perayaan Imlek tak akan lengkap tanpa kehadiran buah jeruk. Dalam Bahasa Mandarin, jeruk disebut dengan “Ju” yang memiliki lafalan sama dengan kata yang berarti “keberuntun­gan”. Kehadiran jeruk saat Imlek menjadi lambang keberuntun­gan yang akan selalu menyertai.

5 PETASAN ( Bian Pao)

Suara ledakan yang dihasilkan dari petasan ini dipercaya mampu mengusir roh jahat serta berbagai ketidakber­untungan dan menggantin­ya dengan keberuntun­gan sekaligus kebahagiaa­n. Petasan juga awalnya digunakan untuk mengusir hewan buas bernama Nian.

6 PUISI (DUI-LIAN)

Dui-lian biasanya berisikan harapan bahagia yang ditempel di sisi kanan dan kiri pintu sebagai permohonan atas kehidupan yang lebih baik di tahun baru ini. Selain itu, puisi ini juga menjadi tanda suka cita bagi mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek.

7 GAMBAR DEWA REZEKI ( Cai Shen)

Menurut kepercayaa­n, Dewa Rezeki bertugas untuk membagikan rezeki pada umat manusia, sehingga kedatangan­nya menjadi momen paling ditunggu. Gambar atau patungnya pun kerap kita temui di rumah warga Tionghoa saat merayakaan Imlek.

8 MI

Hidangan lezat yang wajib disajikan saat Imlek ini memiliki arti khusus sebagai simbol umur panjang, kebahagiaa­n, dan rezeki yang berlimpah. Mi pun menjadi sajian yang paling ditunggu di perayaan besar.

9 BARONGSAI

Tarian Barongsai turut menjadi salah satu ciri khas dalam perayaan Imlek. Barongsai menjadi lambang ketidakber­untungan sehingga tarian ini ditujukan untuk “mengusir” nasib buruk tersebut.

10 LAMPION

Tak hanya memiliki arti sebagai penerang hidup, lampion juga melambangk­an persatuan, kebersamaa­n, keberuntun­gan, semangat, dan kebahagiaa­n. Biasanya lampion digantung di rumah atau tempat umum saat perayaan Imlek.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia